Menanam Tomat Ceri
Tomat ceri bukan hanya sayuran buah yang enak, tapi juga bisa dijadikan tanaman pot untuk mempercantik ruangan, yuk simak cara menanam tomat ceri!
Benih/Anakan
Pohon ceri tomat dapat ditanam dari biji atau stek batang. Meskipun cuaca panas di Indonesia, ada banyak varietas tomat ceri yang cocok untuk ditanam. Bibit dapat dibeli secara online atau cukup menggunakan bibit tomat ceri yang dibeli dari supermarket. Namun, karena sebagian besar buah yang dijual di supermarket dikemas sebelum buah matang, tingkat perkecambahan biji yang tersedia mungkin lebih rendah.
Penanaman
Gali lubang kecil sedalam 1 cm di tanah, masukkan benih yang berkecambah, tutup dengan tanah gembur 0,5 hingga 1 cm, dan pertahankan suhu pada 25 derajat tentang. Tanah paling baik disiram sehari sebelumnya. Siram lebih banyak sebelum tanam agar tanah tetap lembab. Setelah tiga sampai empat hari, dua kotiledon benih akan muncul dari dalam tanah.
Kemudian suhu tetap tidak berubah di siang hari, dan suhu turun menjadi sekitar 20 derajat pada malam hari, hingga jumlah daun bertambah menjadi empat atau lima.
Air nanti, penting untuk "melihat yang kering dan melihat yang basah", yaitu, air setelah tanah kering, dan air harus disiram secara menyeluruh. Setelah setiap penyiraman, gunakan pengait kecil untuk melonggarkan tanah sedalam 5 cm ke dalam tanah.
Transplantasi
Bibit dapat dipindahkan jika sudah memiliki 4-5 helai daun. Gali bibit dengan tanah dari pot kecil asli, gali lubang di pot bunga besar, dan masukkan seluruhnya taruh sedikit tanah di dalamnya dan sirami dengan baik. Transplantasi dapat memungkinkan bibit tumbuh setelah akarnya patah, sehingga pertumbuhan tanaman akan lebih baik.
Setelah tanam, pada prinsipnya, tidak ada penyiraman atau pembalut atas yang diperlukan, tetapi sesuai dengan situasi sebenarnya, jika tanah terlalu kering, tambahkan secukupnya.
Menyiram
Sehari menyiram pokok sebanyak 2 kali . Kali pertama, di waktu pagi dan kali kedua pada waktu petang. Siraman pada waktu petang hanyalah secara ringan untuk memulihkan pokok sekiranya cuaca terlalu panas. Bekas menanam perlu dipastikan mempunyai saliran yang baik untuk mengelakkan berlakunya reput akar.
Menyuburkan
Untuk mencegah beberapa masalah umum saat menanam tomat ceri, taburkan segenggam jeruk nipis di bagian bawah setiap lubang dan gunakan sedikit pupuk tomat untuk memberi tanaman Anda permulaan. Kotoran busuk juga bekerja dengan baik. Setelah terbentuk, Anda dapat memupuknya dengan kompos buatan sendiri makanan nabati, tergantung pada kandungan tanah Anda.
Mekar dan berbuah
Sekitar 15 hari setelah tanam, bibit tomat sudah mulai tumbuh dalam pot besar. Setelah tanaman mulai berbunga dan berbuah, kemudian sirami dan beri topdress, dan setelah setiap 7 sampai 10 hari, sirami dan topdress, dan gembur tanah. Suhu dipertahankan pada 25 hingga 30 derajat di siang hari dan 15 hingga 20 derajat di malam hari.
Saat tumbuh sekitar 40 cm, Anda perlu membuat braket agar tanaman terus tumbuh di braket agar tidak rebah. Tomat adalah bunga biseksual dan umumnya menyerbuki secara otomatis.Anda juga dapat mengetuk tanaman secara ringan dengan batang bambu untuk mendorong penyerbukan.
Pokok ceri tomato perlu dipastikan mempunyai air yang mencukupi terutamanya semasa ianya sedang berbunga dan mula berbuah. Sekiranya kekurangan air, bunga akan luruh dan menyebabkan ia tidak berbuah.
Semoga teman-teman dapat mengambil manfaat dari konten yang dibagikan. Semoga tomat ceri Anda berbuah dengan subur.