Pir
Buah pir adalah jenis buah yang berasal dari daratan Eropa. Walaupun begitu, buah ini sudah sangat disukai oleh banyak orang di Indonesia, karena rasa buahnya yang enak dan juga segar.
Anda tidak perlu susah payah pergi ke Eropa hanya untuk mendapatkan buah ini. Saat ini sudah banyak para pengusaha buah yang membudidayakan buah pir untuk dijual dan memenuhi kebutuhan Anda.Daging buahnya mirip seperti apel, yaitu berwarna putih dengan rasa yang sedikit asam. Manfaat pir tidak hanya dijadikan sebagai buah pelengkap makanan utama, namun juga sumber makanan kesehatan bagi tubuh.
Buah ini sejak dulu dianggap sebagai salah satu asupan makanan dengan gizi yang seimbang, sebab kandungan gizinya sangat melimpah dan beragam.
Seperti buah-buahan pada umumnya, zat gizi yang paling banyak terdapat pada buah pir yaitu vitamin, mineral, dan serat. Akan tetapi, ini belum semuanya. Di bawah ini kandungan nutrisi dari mengonsumsi satu buah pir berukuran sedang.
Energi: 101 kkal
Protein: 0,6 gram
Lemak: 0,2 gram
Karbohidrat: 27 gram
Serat: 5,5 gram
Tiamin (vitamin B1): 0,021 miligram
Riboflavin (vitamin B2): 0,05 miligram
Niasin (vitamin B3): 0,29 miligram
Asam pantotenat (vitamin B5): 0,09 miligram
Piridoksin (vitamin B6): 0,05 miligram
Folat (vitamin B9): 12,5 mikrogram
Kalsium: 16 miligram
Zat besi: 0,3 miligram
Magnesium: 12,5 miligram
Fosfor: 21,4 miligram
Kalium: 206 miligram
Natrium: 1,8 miligram
Manfaat Buah Pir:
Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat buah pir yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, yaitu adalah:
1. Menjaga Sistem Pencernaan
2. Mencegah Penyakit Jantung
3. Menyehatkan Usus
4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
5. Mempercepat Detoksifikasi
6. Membantu Dalam Menjaga Berat Badan
7. Mengandung Antioksidan
8. Menurunkan Risiko Diabetes
9. Mencegah Inflamasi
10. Membantu Menjaga Kesehatan Saraf
11. Mencegah Osteoporosis
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan buah-buahan, seperti pir, dapat melindungi Anda dari beberapa penyakit kanker, seperti kanker paru, kanker lambung, dan kanker kandung kemih.
Tak hanya itu, beberapa studi juga menunjukkan bahwa kandungan flavonoid pada buah pir juga dapat menurunkan risiko penyakit kanker lainnya, seperti kanker payudara dan ovarium.
Anda disarankan untuk mengonsumsi buah atau sayuran sebanyak 5 porsi sehari, dan pir merupakan salah satu pilihan yang pas untuk memenuhi kebutuhan buah harian Anda. Selain kaya nutrisi, pir juga memiliki cita rasa yang manis dan menggiurkan. Buah pir juga baik dikonsumsi oleh anak-anak.
Untuk mendapatkan manfaat buah pir, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, dalam bentuk jus atau mencampurkannya pada salad sayur. Namun, pastikan Anda telah mencucinya dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Hal ini dilakukan agar kotoran dan bakteri yang terdapat pada buah pir luruh terbawa air.
Manfaat buah pir bagi kesehatan memang beragam. Meski begitu, jangan lupa untuk memvariasikan jenis buah yang Anda konsumsi agar ragam nutrisi yang Anda dapat juga semakin banyak dan kebutuhan nutrisi harian pun terpenuhi.
Saya harap artikel ini dapat membantu Anda, jika Anda menyukainya, silakan berlangganan kami!