Anggrek
Penyebaran anggrek sangat luas, mulai daerah Arktik (kutub utara) sampai di Antartika (kutub selatan). Tanaman ini tumbuh bagus di hutan-hutan tropis di bawah pohon-pohon yang lebat, hidup epifit menempel pada batang dan dahan pohon.
Tanaman ini juga hidup di atas tanah yang banyak akan sampah dedaunan yang telah mengalami perubahan menjadi humus. Anggrek juga ditemui hidup pada bebatuan gunung, dengan akar yang menempel pada batu dan rekahannya.
Beberapa spesies anggrek tumbuh di padang rumput, daerah rawa, hutan bakau (mangrove), dan bahkan di tepian padang pasir. Kondisi habitat asli anggrek yang berbeda-beda inilah yang akan membuat penampilan anggrek alam sangat bervariasi dalam bentuk, tipe, dan ukuran.
Anggrek terbesar bisa mencapai ukuran 6,08 m, yaitu Grammatophyllum speciosum atau anggrek tebu. Jenis ini diberi nama anggrek tebu karena mempunyai panjang batang sekitar 1,5 hingga 2,5 m dengan diameter 5 cm dan panjang bunga 10 cm.
Tumbuhan Anggrek hitam merupakan anggrek alam endemik Indonesia lebih tepatnya di pulau Kalimantan timur. Anggrek yang ini menyebar luas tak hanya di Kalimantan, namun hingga ke semenanjung malaya, Papua dan Sumatra.Bunga Anggrek jenis ini adalah jenis simpodial.
Apa arti perbedaan warna anggrek?
Warna Bunga Anggrek Putih – Anggrek putih melambangkan penghormatan dan kerendahan hati, kepolosan dan kemurnian, serta keanggunan dan keindahan. Ungu – Anggrek ungu melambangkan kekaguman, rasa hormat, martabat dan royalti. Kuning – Kuning atau anggrek melambangkan persahabatan, kegembiraan, dan awal yang baru.
Sekarang ini, budidaya anggrek semakin banyak di temui di berbagai tempat yang ada di Indonesia. Biasanya anggrek dijadikan sebagai tanaman hias untuk diletakkan di halaman atau pekarangan rumah. Bunga anggrek memang memiliki keindahan dan keunikan khas.
Sebagai informasi, anggrek merupakan tanaman bunga yang dapat beradaptasi dengan mudah terhadap lingkungannya. Anggrek bisa tumbuh di dataran rendah, dataran tinggi, hutan tropis, gurun, daerah pesisir, sekitar sungai, puncak gunung, hingga gunung yang bersalju. Namun, tanaman anggrek kebanyakan ditemui di daerah yang beriklim tropis.
Selain warna dan bentuknya yang indah, anggrek juga memiliki beberapa manfaat sampingan yang tak banyak diketahui orang. Diantaranya adalah:
1、Memperindah dan mengharumkan ruangan
2、Sebagai tanaman obat
3、Sebagai bahan makanan
4、Sebagai komposisi produk kecantikan
Apakah Anda menyukai artikel tentang anggrek ini? Semoga dapat membantu Anda memahami pengetahuan.