Persik
Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah persik. Selain rasanya yang unik dan menyegarkan, buah persik ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan, mulai dari menjaga daya tahan tubuh hingga mencegah penuaan dini.
Buah persik (peach) atau yang dikenal dengan nama latin Prunus persica (L.) diperkirakan berasal dari negara Tiongkok lebih dari 8000 tahun silam. Buah berbiji ini memiliki kulit yang tipis dan berbulu halus, serta daging buahnya berwarna jingga kekuningan. Selain dikonsumsi secara langsung, buah persik juga dapat diolah menjadi jus, selai, kue, dan berbagai jenis santapan menarik lainnya.
Kandungan Nutrisi dalam Buah Persik.
Buah persik kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah satu kandungan utama dari buah dengan rasa manis ini adalah vitamin C. Selain itu, buah persik juga memiliki kandungan nutrisi lain, di antaranya:
1.Kalori
2.Lemak
3.Karbohidrat
4.Serat
5.Protein
6.Kalium
7.Vitamin E
Fakta Menarik Buah Persik
Persik memiliki kekerabatan dengan buah ceri, plum, aprikot dan almond.Secara komersial, buah persik dan nektarin dianggap sebagai dua buah yang berbeda. Faktanya, secara botani persik dan nektarin merupakan satu species. Nektarin adalah buah persik yang memiliki kulit tanpa bulu halus.Persik merupakan tanaman buah komersial terbesar di US, setelah apel.Buah persik tinggi serat dan kandungan air yang baik bagi saluran pencernaan.Ekstrak buah persik dapat digunakan untuk menjaga kelembaban dan perawatan anti-aging kulit.Buah persik memiliki kandungan magnesium yang dapat meringankan sakit kepala, mual, dan nyeri.
Buah persik dikonsumsi karena rasanya dan kandungan gizi yang dipercaya baik bagi tubuh.
Buah persik merupakan sumber potensial bagi senyawa bioaktif, senyawa yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.
Apa yang dilakukan buah persik?
1、Cucilah buah persik sebelum dimakan. Selalu cuci buah persik Anda dalam air bersih dan gosoklah kulitnya perlahan dengan tangan Anda atau dengan sikat sayuran, tepat sebelum Anda siap untuk memakan atau mempersiapkannya. Ini akan membantu untuk membuang kotoran dan bakteri, juga pestisida residu.
2、Irislah menjadi potongan-potongan wedges. Gunakan pisau bauh kecil untuk mengiris dari batang sampai ujung buah persik, teruslah ke bawah melalui biji di bagian tengah. Tarik kedua sisi menjadi dua, lalu potong setiap setengah potongan menjadi tiga atau lebih potongan, tergantung pada seberapa besar buah persik Anda. Ini adalah cara baik untuk mengemil buah persik segar.
3、Campurkan buah persik yang dipotong berbentuk kubus atau diiris ke dalam yogurt atau keju lembut. Untuk menambahkan sedikit tekstur dan rasa manis ke dalam yogurt Anda, buah persik berbentuk kubus adalah kandidat yang unggul.
4、Gunakan potongan kubus buah persik sebagai taburan. Potongan kubus buah persik dapat ditambahkan ke beberapa jenis sereal dan beberapa campuran untuk hidangan manis lainnya.
Apakah Anda suka makan buah persik, datang dan coba metode ini. Semoga Anda menikmati artikel tentang buah persik ini.