Alpukat
Alpukat yang seringkali disebut dengan buah mentega, merujuk rasa dan kandungannya yang mirip dengan mentega. Alpukat (Persea Americana) berasal dari Mexico.
Dimana pada tahun 1950 terdapat 25 varietas alpukat yang secara komersal telah dijual dan beredar.
Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal (MUFA – Mono Unsaturated Fatty Acids) yang sangat penting bagi tubuh.
Di Indonesia sendiri beberapa jenis alpukat telah dibudidayakan diantaranya :Alpukat mentega、Alpukat miki、Alpukat aligator、Alpukat simanis、Alpukat jambon、Alpukat wina、Alpukat hass (berwarna cokelat gelap)、Alpukat greenstar/pluwang。
Yang paling sering kita temui di pasaran sendiri biasanya adalah alpukat mentega dan alpukat wina.
Kandungan nutrisi pada alpukat sangat beragam. Alpukat adalah buah yang penting sebagai sumber vitamin C, E, K, dan B6.Termasuk sumber riboflavin, niacin, folat, kalium, magnesium, beta carotene, asam lemak omega 3 dan sebagainya.
Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat:
1. Menjaga Kepadatan Tulang
2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
3. Melancarkan Pencernaan
4. Baik untuk Kesehatan Mata
5. Mencegah Kanker
6. Menjaga Kesehatan Otak
7. Mencegah Hipertensi
8. Menurunkan Berat Badan
9. Mencegah Arthritis
10. Meningkatkan Kesuburan
11. Memperbaiki Mood
12. Meningkatkan Kesehatan Kulit
13. Melancarkan Haid
14. Menjaga Kesehatan Rambut
15. Meningkatkan Stamina Seksual
16. Meningkatkan Produksi Hormon Testosteron
17. Meningkatkan Kualitas Sperma
18. Membantu Perkembangan Janin
19. Mencegah Anemia
20. Mencegah Kaki Kram
21. Sumber Asam Folat Alami
22. Membantu Perkembangan Otak Bayi
23. Mengurangi Rasa Mual
24. Menyehatkan Kuku
25. Mengangkat Sel Kulit Mati
Alpukat merupakan salah satu buah yang lezat untuk dibuat berbagai kreasi minuman. Tak hanya nikmat dijadikan berbagai minuman namun alpukat ternyata dapat dikreasikan menjadi beragam jajanan maupun makanan pendamping nasi, lho. Hanya saja di Indonesia olahan tersebut belum banyak ditemui dengan mudah.
Oleh karena itu, kamu dapat membuat kreasi beragam jajanan dari alpukat dari rumah dan anti ribet.
Puding alpukat
Salah satu dessert yang banyak digemari adalah puding. Hal ini karena rasa dan teksturnya yang lembut dan nikmat sehingga cocok dijadikan camilan penutup. Puding juga cocok dikreasikan dengan beragam bahan seperti alpukat.
Untuk membuat puding alpukat juga terbilang mudah dan praktis, lho. Pertama siapkan alpukat kemudian blender dengan susu dan tiriskan. Selanjutnya rebus agar-agar seperti biasa dan beri tambahan gula juga susu agar makin nikmat. Setelah mendidih tiriskan dan campur dengan alpukat kemudian masukkan ke dalam cetakan. Untuk lapisan kedua buat lapisan coklat agar semakin menarik. Pertama rebus susu coklat, agar-agar putih dan gula pasir. Aduk perlahan dengan api sedang kemudian matikan. Selanjutnya tuangkan diatas lapisan pertama jika lapisan bawah sudah mengeras. Masukkan ke dalam kulkas beberapa jam dan puding alpukat siap dihidangkan.
Bukankah menakjubkan bahwa ada begitu banyak manfaat alpukat?Itulah manfaat alpukat bagi kesehatan yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia. Benar-benar bermanfaat, bukan? Yuk, segera konsumsi buah multi-manfaat ini!
Apakah Anda menyukai artikel ini? Berlangganan kepada kami dan kami akan memperbarui lebih banyak untuk Anda baca.