Gunung Tertinggi Di Dunia
Menjelajah dunia dengan puncak-puncak tertingginya menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menarik, terutama bagi orang dengan jiwa berpetualang.
Gunung sering didefinisikan sebagai daratan yang tinggi dari kerak bumi. Beberapa penelitian mengungkapkan terdapat sekitar 108 gunung dengan ketinggian melebihi 7.200 meter. Mayoritas gunung tinggi di dunia terletak di perbatasan negara Nepal, India, China dan Pakistan. Gunung-gunung tertinggi di dunia memiliki medan yang berat, sehingga untuk menaklukkannya dibutuhkan peralatan dan persiapan yang matang. Tak jarang, ada pendaki yang meninggal selama ekspedisi menuju puncak-puncak tertinggi dunia ini. Faktornya pun bermacam-macam, mulai dari hipotermia, kecelakaan saat pendakian, dan lain-lain.
Berikut daftar gunung tertinggi di dunia
• Gunung Kilimanjaro (Afrika)
Memiliki ketinggian sekitar 5.895 di atas permukaan laut, Gunung Kilimanjaro menjadi salah satu gunung tertinggi di dunia yang berada di Tanzania Utara, Afrika. Gunung tersebut telah diakui menjadi salah satu keajaiban dunia dengan jumlah pendaki tiap tahunnya mencapai angka lebih dari 50.000 partisipan. Gunung Kilimanjaro yang juga dikenal dalam bahasa Masai sebagai Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor ini sebenarnya adalah gunung Merapi yang sudah tidak aktif lagi. Para pendaki tak hanya bisa memenuhi impian mendaki salah satu puncak gunung tertinggi di dunia ketika mengunjungi Gunung Kilimanjaro, tapi juga bisa melihat kekayaan ekologi yang beragam. Mulai dari hutan hujan tropis, padang rumput, padang pasir, sabana, hingga salju. Kalau kamu tertarik untuk mendaki Gunung Kilimanjaro yang berada di Afrika, datanglah ketika musim kemarau antara akhir Juni hingga Oktober.
• Everest, Nepal
Pertama kali didaki oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada 1953, Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia. Everest juga mendapat banyak pengawasan baru-baru ini, karena foto yang beredar menunjukkan antrian panjang menuju puncak. Itu memicu perdebatan besar tentang kepadatan di Everest.
• Gunung Kangchenjunga
Gunung Kangchenjunga berada di posisi ketiga sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.598 meter. Terletak di sepanjang perbatasan antara India dan Nepal, serta merupakan gunung tertinggi yang ada di India. Pada 25 Mei 1955, dua pendaki asal Inggris Joe Brown dan George Band menjadi pendaki pertama yang berhasil mendaki Gunung Kangchenjunga.
• Makalu, Nepal
Makalu merupakan urutan ketiga dari rangkaian empat gunung setinggi 8000 m di Everest Massif, Nepal. Puncaknya pertama kali ditaklukan oleh ekspedisi Prancis yang dipimpin oleh Jean Franco pada 1955. Pendakian mereka paling menonjol, karena semua orang dalam tim beranggotakan sepuluh orang ekspedisi berhasil mencapai puncak. Pada masa itu, biasanya hanya satu atau dua pendaki dari setiap tim yang mencapai puncak gunung dalam sebuah ekspedisi, jadi ini adalah masalah besar pada saat itu. Dua orang pertama mencapai puncak pada 15 Mei 1955, kemudian disusul empat orang keesokan harinya, lalu empat lagi naik sehari setelah itu.
• Nangra Parbat, Pakistan
Gunung tertinggi kesembilan di dunia adalah Nanga Parbat, di Distrik Diamer, wilayah Gilgit Baltistan Pakistan di Himalaya Barat. Seperti banyak gunung lainnya, namanya berasal dari bahasa Sansekerta, yang terdiri dari nanga dan parvata yang berarti gunung telanjang. Nanga Parbat benar-benar menjulang, di sekelilingnya terdapat lembah dataran rendah yang menyebar ke segala arah. Rupal Face yang menakjubkan di gunung ini menjulang setinggi 4.600 m dan sering disebut sebagai wajah gunung tertinggi di dunia.
• Gunung Mauna Kea (Hawaii)
Gunung tertinggi di dunia selanjutnya adalah Gunung Mauna Kea, Hawaii. Jika diukur hanya dari atas permukaan laut, Mauna Kea hanya memiliki ketinggian sekitar 4.205 mdpl. Namun, tinggi tersebut ternyata bukanlah tinggi keseluruhan gunung ini. Kalau benar-benar diukur dari dasar, Mauna Kea memiliki ketinggian hingga mencapai 10.200 meter! Itu berarti gunung ini lebih tinggi sekitar 1 mil dari Puncak Himalaya.
• K2, Perbatasan Pakistan-Cina
Gunung tertinggi kedua di dunia adalah K2 . Gunung ini mengambil nama dari notasi yang digunakan oleh Great Trigonometrical Survey of British India. Pada saat itu, tidak ada nama lokal yang jelas untuk gunung tersebut, sehingga macet. K2 juga dijuluki Savage Mountain. Gunung ini kerap dianggap sebagai salah satu gunung dengan jalur pendakian terberat di dunia. Bahkan, lebih terkenal dari Gunung Everest, meskipun menempati posisi kedua gunung tertinggi di dunia. K2 memiliki tingkat kematian tertinggi kedua dalam hal pendakian menuju puncak. Dari semua gunung lebih dari 8000 m, ada sekitar 300 puncak yang berhasil ditaklukkan dan terdapat 77 kematian.
Beberapa gunung tinggi memang memiliki jalur pendakian yang sulit dan berbahaya, namun tetap ada orang-orang beruntung yang mampu menaklukkannya. Semoga bermanfaat!