Manfaat Salju Pada Kehidupan
Kondisi atmosfer memengaruhi pembentukan kristal salju dan apa yang terjadi ketika salju jatuh ke tanah. Salju dapat turun sebagai serpihan bersimetris bersisi enam atau sebagai serpihan-serpihan yang lebih besar.
Musim salju merupakan salah satu dari empat musim yang ada di negara – negara tetangga kita terutama di benua Eropa dan Amerika. Musim dingin yang tidak terlalu membekukan sebenarnya adalah musim yang menyenangkan. Orang akan cenderung merasa sedikit malas selama musim tersebut, berselimut tebal dan tidak perlu bangun pagi – pagi sekali menikmati udara yang dingin bahkan tidur seharian.
Salju berbeda dengan hujan es. Keping salju lebih ringan dari butiran es dan mengandung lebih banyak udara yang terperangkap di dalamnya. Sementara itu, butiran es cenderung lebih berat seperti pil-pil beku. So, salju juga beda dengan embun beku yang ada di rumput atau tanah. Meskipun begitu, kadang warna embun beku putih banget sehingga ia sering dikira salju. Lapisan salju memiliki dampak signifikan tidak hanya pada iklim tetapi juga pada tanaman, hewan dan kehidupan manusia. Berikut manfaatnya :
• Melindungi tanaman
Salju bekerja seperti selimut untuk menyelamatkan tanaman dan hewan dari kerusakan yang disebabkan oleh suhu beku. Meski mungkin dingin di atas tanah, salju adalah isolator yang baik dan menjaga panas di bawah tanah. Salju melindungi tanaman kecil dari efek suhu terendah musim dingin.
• Sumber pasokan air
Salju merupakan sumber pasokan air yang sangat berguna terutama di negara-negara panas dan kering. Lapisan salju yang tebal di pegunungan tinggi tidak akan mencair hingga akhir musim semi atau awal musim panas. Ketika salju mencair di musim semi, limpasan yang dihasilkan memenuhi sungai dan memasok air untuk irigasi dan membantu kebutuhan manusia lainnya.
• Tidur lebih nyenyak
Lebih dari setengah orang Amerika mengeluhkan kurangnya jam tidur mereka dan tidak mendapatkan cukup manfaat tidur malam setiap hari, yang bisa berakibat serius pada kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Jadi ketika Anda sedang berada di musim salju, suhu dingin ini adalah waktu yang tepat untuk mengejar ketertinggalan waktu tidur. Anda juga perlu mengetahui manfaat olah raga malam sebelum tidur dan manfaat tidur siang untuk diet.
• Menjaga kulit tetap muda
Suhu dingin bisa bertindak sebagai astringent, mengencangkan pori – pori, mengurangi penyumbatan pori dan mengurangi resiko breakout. Musim dingin juga memperlembat dan mencegah pengeluaran sebum, membantu kulit yang tampak mengkilap dan jerawat jauh dari wajah Anda, juga memperlambat penuaan dan membuat kulit berkilau sehingga tampak awet muda.
• Membantu melawan infeksi
Semua orang memerlukan perlindungan terhadap kuman yang ada di sekitar dengan sistem kekebalan tubuh yang prima. Flu dan pilek masih mungkin dialami selama musim dingin, tetapi manfaat musim salju sebenarnya lebih baik untuk sistem imunitas agar dapat melawan infeksi dengan lebih efektif. Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem imun tubuh manusia dapat diaktifkan dengan paparan suhu dingin dan meningkatkan kemampuan seseorang untuk melawan infeksi.
• Membakar kalori lebih banyak
Tubuh kita terdiri dari lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih menjadi sumber cadangan terbesar di tubuh, sementara lemak coklat membakar kalori untuk menghasilkan panas. Berjalan diatas salju sangatlah tidak mudah, dan memerlukan banyak energi. Ketika Anda akhirnya mencapai tempat tujuan, kaki Anda kemungkinan akan terasa pegal dan juga berkeringat dibawah semua lapisan pakaian yang dikenakan. Aktivitas ini tentu tidak beda dengan pergi berolahraga ke gym karena berjalan di salju menjadi latihan aerobik yang membuat detak jantung terpacu tanpa perlu pergi ke pusat kebugaran.
Demikianlah manfaat salju untuk kehidupan manusia. Semoga bermanfaat!