Fakta Unik Bunga Anyelir
Bunga Anyelir atau yang biasa disebut dengan 'Carnation flower' memang merupakan bunga yang sangat indah. Bahkan keindahannya telah diakui dari belahan dunia manapun.
Bunga anyelir (dianthus caryophyllus) adalah tumbuhan berbunga yang termasuk dalam famili Caryophyllaceae dan dikenal sebagai famili pink atau famili anyelir. Dikutip dari Health Benefit Times, ada sekitar 2000 spesies dan 88 genera, serta lebih dari 300 varietas anyelir dapat ditemukan di seluruh dunia.
Anyelir adalah tanaman herba musiman yang tumbuh setinggi 50 hingga 80 sentimeter. Batangnya tegak dan bercabang kayu di pangkal. Daunnya glaucous, berlawanan, lanset hingga lanset linier dengan panjang sekitar 10 hingga 15 sentimeter.
Berikut fakta-fakta bunga anyelir :
• Warnanya mudah diganti
Warna bunga anyelir sangat beraneka ragam, mulai dari merah, putih, kuning, ungu, merah muda, dan oranye. Namun siapa sangka jika warna dari bunga anyelir ini sangatlah mudah untuk diubah. Kamu cukup menggunakan pewarna makanan yang dicampurkan pada air di vas bunga. Kemudian letakkan bunga anyelir yang berwarna putih. Tunggu beberapa waktu hingga warnanya berubah. Bunga anyelir ini dapat bertahan lama dengan campuran warna asalkan dirawat dengan baik.
• Bunga Anyelir dapat Dikonsumsi
Menurut sebuah penelitian dari University of Kentucky College of Agriculture, bunga Carnation atau Anyelir termasuk sebagai bunga yang dapat dikonsumsi dengan aman. Namun meski seperti itu, bunga Anyelir memiliki tipikal rasa yang pahit.
• Simbol beberapa negara
Di banyak negara bunga anyelir digunakan sebagai simbol yang melambangkan gerakan buruh dan simbol kasih ibu. Di Prancis, anyelir disimbolkan sebagai nasib buruk dan digunakan sebagai karangan bunga pemakaman.
• Negara Asal Bunga Anyelir adalah Kolombia.
Kolombia tepatnya di Bogota, adalah tempat pertama kali ia tumbuh sekaligus negara penghasil Carnation terbanyak dibandingkan negara-negara lainnya. Namun anehnya, Carnation bukan lah simbol negara Kolombia, malahan Spanyol, Monako dan Slovenia yang mengenakannya.
• Bunga anyelir sulit dirangkai
Meski memiliki bentuk yang indah, namun bunga anyelir ini memiliki tekstur yang cukup sulit untuk diatur. Karena karakternya yang memang sulit diatur, jadi untuk merangkainya menjadi bunga buket atau karangan bunga lainnya dibutuhkan bantuan dan campur tangan dari florist atau toko bunga online yang kamu percaya.
• Bunga anyelir tercatat dalam guinness world record
Bunga anyelir pernah juga tercatat dalam Guinness World Record karena bunga anyelir yang berjumlah 105.000 dirangkai dalam bentuk pita yang sangat besar. Pita yang dirangkai dari bunga anyelir ini digunakan sebagai peringatan hari bebas kanker payudara sedunia.
• Mengambil nama dari nama dewa yunani
Bunga Anyelir memiliki nama latin Dianthus caryophyllus. Dan ternyata nama latin dari bunga anyelir ini diambil dari salah satu Dewa Yunani. Nama Dianthus diambil dari pemenggalan dua kata yaitu Dios yang berarti Dewa Zeus, dan Anthos yang memiliki arti bunga. Jadi bila digabungkan, bunga anyelir ini dianggap sebagai bunga para dewa atau bunga yang berasal surga. Nama Carnation sendiri diberikan pada bunga anyelir karena dijadikan simbol pada upacara pengangkatan raja Yunani yang bernama Coronation.
Itulah beberapa Fakta Unik bunga anyelir yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat!