Makna Warna Bunga Peony
Bunga peony merupakan tumbuhan asli yang berasal dari daratan Tiongkok, Amerika Utara bagian Barat dan juga Eropa Selatan.
Bunga ini termasuk kedalam jenis tumbuhan hias yang bergenus tunggal, peony digolongkan kepada keluarga Paeniaceae. Peony juga dikategorikan sebagai tanaman rempah yang termasuk pada tumbuhan tahunan. Bunga Peony juga sering digunakan untuk kebutuhan dekorasi pernikahan karena memiliki makna cinta, kebahagiaan, kemakmuran dan keberuntungan dalam hidup. Namun tidak hanya itu, Peony juga memiliki makna ‘pemalu’. Tentu saja ada cerita di balik mengapa bunga ini memiliki dua sisi makna yang berbeda.
Bunga peony paling sering digunakan dalam dekorasi dan untuk perayaan, yang memang pantas, karena pesona mereka. Jumlah spesies bunga ini dapat bervariasi, menurut American Peony Society, ada 48 spesies peony, sedangkan Britannica melaporkan ada 30 spesies dan 3 kelompok berbeda, yaitu peony eurasia herba, moutan, peony, dan peony Amerika Utara.
Beberapa pesan yang disampaikan bunga ini berdasarkan warnanya adalah:
• Bunga peony merah
Seperti banyak hal berwarna merah, bunga peony merah melambangkan cinta, gairah, kemakmuran, kekayaan, dan kehormatan. Memberi kejutan untuk pasangan bisa kamu lakukan dengan bungan peony merah.
• Bunga peony pink
Bisa dibilang warna paling klasik untuk jenis bunga ini, peony pink sering terlihat di pesta pernikahan dan karangan bunga pengantin karena mereka mewakili pernikahan yang bahagia, keberuntungan dan kemakmuran. Selain menjadi pilihan untuk rangkaian bunga pernikahan, itu juga bunga untuk peringatan kedua belas untuk semua kebahagiaan dalam cinta yang dilambangkannya. Varietas peony pink teratas termasuk Lady Alexandra Duff, Sorbet, Rozella dan Pink Parfait.
• Bunga peony kuning
Bungan peony kuning melambangkan awal yang baru, menjadikannya ideal bagi siapa saja yang memulai babak baru dalam hidup mereka, baik itu pekerjaan baru atau memberi selamat atau sesuatu yang baru diraih.
• Peony putih
Bunga peony yang bewarna putih dilambangkan sebagai bunga permintaan maaf. Peony putih menjadi lambang penyesalan, perasaan malu, sehingga bisa dijadikan sebagai instrumen untuk mengekspresikan perasaan maaf, penyesalan dan juga digunakan untuk menebus kesalahan yang telah dilakukan.
Itulah arti warna bunga peony, jangan sampai salah mengartikan ya. Semoga bermanfaat!