Fakta Unik Bunga Iris
Bunga ini memiliki warna yang beragam dan mencolok, kecuali merah terang. Keindahannya tersebar di seluruh belahan dunia dengan warna dominan yang berbeda di setiap wilayahnya.
Iris merupakan salah satu bunga favorit di dunia. Bunga yang memiliki "jenggot" ini hadir dalam warna dan bentuk yang tidak begitu banyak, yang membuatnya tampak sederhana, tetapi tetap indah. bunga iris mempunyai empat warna, yaitu ungu, kuning, putih, dan biru. Namun, warna ungu bunga iris yang menjadi begitu populer di kalangan pencinta tanaman berbunga. Meskipun kelihatannya bunga iris sederhana, tapi tetap terlihat indah untuk dijadikan tanaman hias. Jika teman-teman ingin mencoba menanam bunga iris, pilihlah warna bunga yang disukai atau juga bisa menanam semua warnanya.
Berikut fakta unik bunga iris :
• Bisa Berjenggot atau Tanpa Jenggot
Teman-teman tidak salah dengar, meskipun terdengar aneh. Namun, bunga iris ini bisa berjenggot atau tanpa jenggot. Beberapa bunga iris akan tumbuh dengan warna yang indah dan bentuk kelopak yang tegak. Tapi, ada juga yang tumbuh dengan bentuk kelopak yang jatuh. Kita bisa melihat perbedaan ini ketika musim gugur tiba. Cobalah lihat bunga iris ini, bunga iris berjenggot mempunyai bagian yang tidak jelas pada kelopaknya dan terlihat jatuh. Sebaliknya dengan iris tidak berjenggot, mereka mempunyai warna dan bentuk kelopak yang lebih jelas karena kelopaknya tumbuh tegak.
• Iris kuning sangat invasif
Iris kuning merupakan salah satu jenis bunga iris yang mudah untuk beradaptasi. Warna bunga kuning terang memang terlihat indah dan mencolok. Bahkan, kamu bisa menemukannya di alam liar atau dekat perairan.
Sifatnya yang mudah beradaptasi dan tumbuh dengan cepat bisa mengganggu ekosistem. Jika invasif di daerah perairan, dapat meningkatkan sedimentasi dan mengganggu aliran air, bahkan bisa mengganggu habitat tanaman air.
• Umbinya dapat dijadikan minyak esensial
Umumnya, minyak esensial dari bunga diambil dari bunga itu sendiri, bukan dari daun atau batangnya. Namun, minyak esensial iris justru diambil dari rimpangnya, lho. Rimpang atau rizhoma bunga iris disebut orris dan memiliki aroma seperti violet. Namun, untuk mendapatkan aroma terbaik, membutuhkan waktu pengeringan sekitar 3 tahun. Kemudian, ditumbuk dan disuling untuk menghasilkan minyak esensial serta dapat dijadikan campuran parfum. Tidak semua orris bunga iris dapat dijadikan minyak esensial. Saat ini, minyak esensial bunga iris berasal dari tiga jenis saja, yaitu Iris germanica, Iris pallida dan Iris florentina.
• Jadi simbol di berbagai negara, termasuk Prancis
ris sudah dikenal luas di berbagai belahan dunia, bahkan sejak masa Yunani, Romawi, maupun Mesir Kuno. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya mitologi-mitologi yang berhubungan dengan bunga iris. Selain itu, bunga iris juga terukir pada Sphinx di Giza, Mesir.
Seiring berkembangnya zaman, bunga iris ungu pun menjadi bunga nasional Prancis. Bunga tersebut memiliki makna iman, kebijaksanaan, dan ketenangan pikiran sesuai dengan tradisi Prancis.
• Menjadi bunga penting sejak zaman Yunani kuno
Banyak sejarah panjang iris yang ditelusuri kembali ke Yunani. Namanya berasal dari kata Yunani yang mengartikan sebuah pelangi dan pembawa pesan. Diyakini bahwa bunga ini diberi nama iris karena memiliki banyak warna layaknya pelangi. Dalam mitologi Yunani, dewi Iris menyampaikan pesan kepada para dewa, bepergian dengan pelangi untuk pergi dari surga ke bumi dan kembali. Orang Yunani kuno akan menanam bunga iris di kuburan orang yang mereka cintai dengan harapan dewi Iris akan membantu menghubungkan jiwa mereka ke surga. Seni paling awal yang menggambarkan bunga iris adalah lukisan dinding di istana Raja Minos di Pulau Kreta Yunani. Istana itu sudah ada sejak tahun 2100 Sebelum Masehi.
• Setiap warna memiliki arti berbeda
Bunga iris melambangkan kefasihan dalam berbicara, yang berasal dari dewi Iris sebagai utusan. Namun, setiap warna iris mempunyai arti berbeda-beda. Misalnya, iris ungu mewakili kekaguman dan kebijaksanaan, biru melambangkan iman dan harapan. Iris kuning melambangkan gairah, serta putih melambangkan kemurnian.
Nah, itu dia fakta-fakta unik dari bunga iris. Semoga bermanfaat!