Ciri-ciri bunga dahlia
Bunga dahlia memiliki susunan warna yang memikat mata serta dapat dikombinasikan dengan beragam bunga lainnya yang memiliki bentuk ramping atau kecil.
Bunga dahlia berasal dari Meksiko dan kawasan Amerika Tengah. Tumbuhan dahlia merupakan anggota keluarga Asteraceae. Asteraceat mencakup tanaman dikotil seperti bunga matahari, chrysanthemum, dan bunga aster.
Tanaman satu ini dikenal dengan susunan kelopak dan warnanya yang indah. Keindahan bunga dahlia akan membuat siapapun melihatnya berkeinginan untuk merawatnya. Buat Kamu yang mempunyai ketertarikan terhadap tanaman, Kamu bisa menambahkan bunga indah ini sebagai salah satu koleksi tanaman yang Kamu miliki.
Bunga dahlia terdiri dari 42 spesies, termasuk jenis bunga hybrid. Pada umumnya dahlia merupakan alternatif pilihan tanaman hias karena bentuk bunganya yang menawan. Selain itu, dahlia yang mudah tumbuh menjadi polihan favorit sebagai penghias pekarangan rumah. Penamaan bunga dahlia merupakan bentuk penghormatan terhadap seorang ahli botani asal Swedia yaitu Anders Dahl. Bunga dahlia dijadikan sebagai bunga nasional negara Meksiko, selain Meksiko Kota Seattle, dan negara bagian Washington di Amerika Serikat juga menjadikan bunga satu ini sebagai bunga resmi.
Berikut ciri-ciri bunga dahlia :
• Pertumbuhan Tanaman
Meski merupakan tanaman yang adaptif dan dapat mudah tumbuh dimana pun, bunga dahlia hanya tumbuh sempurna jika ditanam di dataran tinggi dan kawasan pegunungan. Terutama pada ketinggian 1.500 hingga 3.700 m di atas permukaan laut.
• Bunga
Pada 1 batang dahlia hanya ditumbuhi oleh 1 bunga dengan ukuran diameternya antara 5 sampai 30 cm. Pada bunga umumnya hanya terdapat 2 set kromosom homolog, sedangkan pada bunga dahlia ditemukan 8 set kromosom homolog.
• Batang
Batang dahlia memiliki banyak daun. Tinggi batangnya antara 30 cm hingga mencapai 1,8 meter sampai 2,4 mete
Bunga dahlia dijadikan sebagai makanan untuk kupu-kupu. Keindahan bunga satu ini menarik kupu-kupu untuk mendekatinya. Bunga dahlia termasuk kedalam tumbuhan semak dan bisa bertahan hidup lebih dari dua tahun. Walaupun dikenal sulit untuk dikembangkan, dahlia mempunyai kemampuan adaptif yang tinggi terhadap kondisi lingkungan tempat dia tumbuh.
Nah itulah ciri bunga dahlia. Semoga bermanfaat!