Filosofi Bunga Melati
Bunga melati merupakan salah satu dari jenis bunga yang tumbuh di semak-semak. Melati adalah bunga yang harum. Ukurannya biasanya kecil dan warnanya putih.
Bunga melati memiliki nama ilmiah Jasminum. Dalam bahasa Inggris disebut jasmine.
Arti dari bunga melati mengingatkan pada parfum sugestif yang berasal dari bunga yang indah ini, karena berasal dari bahasa Arab. Dalam laporan kuno diketahui bahwa bunga melati terletak di bagian bawah pegunungan Himalaya dan di tepi sungai Gangga, membentang hingga ke Cina dan India. Tanaman melati bahkan ditemukan di seluruh Eropa.
Setidaknya untuk hal ini diketahui ada sebanyak 200 spesies dari bunga melati yang telah tersebar yang ada di seluruh dunia. Melati merupakan salah satu tanaman hias berupa perdu dengan batang yang tegak, yang disinyalir dapat hidup sangat lama. Bunga melati yang merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun ini mengeluarkan harum khas.
Bunga Melati tidak hanya sebagai tanaman hias, tapi ternyata bunga yang memiliki wangi khas ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Hal tersebut dikarenakan Melati memiliki berbagai kandungan zat bermanfaat di dalamnya seperti indole, linalcohol, asetat benzylic, alcohol benzylic dan jasmon.
Berikut ini beberapa ciri dari bunga melati adalah sebagai berikut :
• Tanaman melati ini bisa tumbuh dengan sangat subur jika telah berada di sebuah daerah yang diketahui beriklim hangat.
• Bunga tersebut mempunyai daun dan mempunyai warna hijau serta juga bunga melati yang terlihat cukup sangat halus.
• Pada dasarnya untuk bunga tersebut terdiri dari 5 kelopak, jadi bunga ini membuatnya cukup sangat mirip dengan bentuk bintang.
• Pada umum bunga melati tersebut mempunyai warna putih dan bersih. Tapi ada juga bunga melati yang mempunyai kelopak yang berwarna kuning orange seperti halnya jenis dari bunga melati musim dingin.
• Tinggi dari tanaman bunga melati ini bisa terlihat mencapai sampai sekitar 3 meter bahkan bisa juga lebih.
Semoga dengan informasi ini anda dapat mengetahui lebih jauh tentang arti bunga melati.