Tips Bunga Segar Tidak Layu
Menghias ruangan rumah dengan bunga segar pasti sangat menyenangkan. Warna-warni dan pesona bunga akan membuat ruangan makin semarak, wanginya pun tercium sampai kemana-mana.
Bunga segar akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih cerah dan lebih hidup. Sayangnya, seringkali bunga segar hanya bertahan satu atau dua hari sebelum akhirnya layu, padahal waktu maksimalnya adalah sekitar 5 hari. berikut ini tips untuk membuat buket bunga tetap segar dan tahan lama :
• Gunakan air hangat
Taruhlah air hangat pada wadah yang sudah disiapkan untuk menaruh rangkaian bunga. Sesuaikan jumlah air supaya batang tidak terlalu tinggi terendam. Metode ini sering disebut pengerasan yang membantu untuk memperpanjang umur bunga yang baru dipotong. Molekul air hangat akan lebih cepat terserap saat bunga kehilangan kelembapan.
• Perhatikan Ukuran Vas Bunga
Bunga segar biasanya akan diletakkan dalam vas bunga dan ukuran vas bunga menjadi hal yang harus diperhatikan agar bunga segar tidak cepat layu. Pilihlah vas yang besar dan berleher lebar untuk meletakkan bunga segar. Tujuannya adalah bagian batang bunga tidak saling menempel terlalu erat dan berdekatan.
• Hindari terpapar matahari secara langsung
Apalagi bila kamu meletakkannya tepat pada sorotan sinar matahari, hal ini jelas akan semakin mempercepat layunya rangkaian bunga dan mahkota bunga akan mengering.
Kondisi ini akan lebih parah apabila kamu menyemprot bunga dengan air, karena penguapan akan langsung terjadi pada bagian bunga yang kamu semprot sehingga membuat kelopak bunga jadi menguning.
• Rutin potong tangkai bunga 1cm setiap hari supaya nggak kebanyakan air terserap
Jika bagian vas bunga diisi dengan air, maka tangkai bunga paling bawah akan menyerapnya. Makin lama disimpan, maka air yang terserap tambah banyak. Untuk mengatasinya, kamu bisa memotong sekitar 0,5-1cm tangkai bawah setiap hari supaya tak terlalu banyak air yang terserap. Karena terlalu banyak air yang terserap akan menyebabkan kondisi bunga cepat layu. Ketika mengisi airnya pun kamu perlu mengukurnya dengan baik, yakni cukup setinggi 2cm diukur dari tangkai paling bawah. Lalu, kamu harus rutin ganti air 1-2 hari sekali ya biar kesegarannya terjaga.
• Potong miring bagian batang bunga dengan pisau yang tajam
Hal ini dimaksudkan supaya memperluas batang dalam menyerap air. Hindari memotong dengan gunting, karena hasil kemiringannya jadi kurang baik. Sebaiknya gunakan pisau yang benar-benar tajam agar batang tidak menjadi rusak.
• Pakai Vas yang Bersih
Kebersihan vas juga menjadi hal yang harus diperhatikan agar bunga segar tidak mudah layu. Sebab vas bunga yang kotor akan membuat adanya pertumbuhan mikroorganisme. Hal ini akan membuat bunga segar jadi cepat layu.
• Ganti Air Secara Rutin
Agar tetap segar, bunga harus diletakkan dalam vas yang berisi air. Nah, agar bunga segar tidak mudah layu, jangan lupa untuk mengganti air di dalam vas bunga secara rutin. Teman-teman bisa mengganti air dalam vas setiap hari atau setiap dua hari sekali. Air dalam vas bunga ini harus rutin diganti agar air tidak menjadi tempat pertumbuhan jamur, bakteri, dan berbagai mikroorganisme yang memengaruhi kesegaran bunga.
• Gunakan pengawet bunga
Selain air biasa kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan makanan seperti cuka, gula atau jeruk lemon untuk membuat bunga lebih awet. Cukup sedikit saja kamu campurkan salah satu bahan ini dengan air bersih yang hangat. Ukurannya 2 sdm dengan 1 liter air. Atau jika kamu tidak mau repot, kamu bisa membeli pengawet bunga di toko-toko bunga.
Itu dia cara simpan bunga segar tahan lama yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat!