Fakta Bunga Sedap Malam
Wangi bunga sedap malam yang tercium di seluruh penjuru pasar tradisional menjadi salah satu penanda bahwa Lebaran akan tiba dalam hitungan hari.
Tuberose flower atau bunga sedap malam adalah bunga yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Bunga sedap malam juga sudah menjadi identitas flora di Jawa Timur. Tetapi, bunga ini sebenarnya bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Meksiko. Bunga sedap malam dibawa masuk ke Indonesia pada saat masuknya bangsa Eropa dan Tiongkok. Yang menjadi keunikan bunga ini adalah memiliki aroma wangi yang khas pada malam hari. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia menyebutnya dengan sebutan ‘Bunga Sedap Malam’
Berikut beberapa fakta menarik mengenai bunga sedap malam :
• Wangi dan Mekar Hanya pada Malam Hari
Tak dimungkiri, banyak orang mengakui kewangian bunga sedap malam. Pasalnya, bunga yang satu ini terbilang sangat wangi. Apalagi, ketika bunga sedap malam sedang mekar maka akan mengeluarkan aroma wangi semerbak yang luar biasa. Menurut berbagai sumber, aroma wangi tersebut dipastikan akibat proses fotosinstesis yang tengah berlangsung ketika bunga sedang mekar. Kemudian, hal itulah yang menimbulkan kandungan minyak atsiri mengeluarkan wangi semerbak.
• Bahan dasar parfum
Salah satu kelebihan aroma wangi bunga sedap malam yaitu bisa menghadirkan ketenangan bagi yang menghirupnya. Hal inilah yang menjadi alasan aroma wangi bunga sedap malam dijadikan bahan dasar pembuatan parfum, sehingga di Indonesia ditanam dan dibudayakan untuk kepentingan ekonomi dan bisnis.
• Memiliki Simbol
Bunga sedap malam disimbolkan sebagai bunga kemurnian, kedamaian dan kepolosan. Makanya tidak salah lagi bunga ini sering dijadikan dalam karang bunga pengantin. Selain memiliki arti simbol, bunga ini juga memiliki aroma wangi yang tahan lama selama berhari-hari.
• Famili Asparagus
Walaupun memiliki nama ilmiah Polianthes tuberosa (Rosa) tapi jangan teritipu dengan Namanya. Faktanya bunga sedap malam termasuk ke dalam family bunga mawar, bunga ini menjadi keluarga asparagus sebagai subfamily. Fakta lainnya, bunga sedap malam mempunyai batang yang ramping nan panjang, serta bisa tumbuh sampai ketinggian mencapai 90 cm
• Bunga ini berasal dari Mexico
Ternyata bunga sedap malam bukan bunga asli Indonesia. Bunga ini masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa Eropa dan Tiongkok yang dibawa dari Mexico.
• Baik untuk Kesehatan
Selain keharumannya, bunga sedap malam ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan karena memiliki zat kimia sapogenin. Disebutkan, bunga berwarna putih-hijau ini mampu menurunkan panas. Selain itu, berbagai pihak juga menganggap bunga sedap malam bisa menghilangkan bengkak pada luka. Namun, yang perlu kamu ketahui, bunga sedap malam ini hanya merupakan pertolongan pertama. Dengan arti, seseorang yeng mengidap demam tinggi dan sebagainya juga harus memeriksa ke dokter.
Itulah sederet fakta unik mengenai bunga sedap malam yang jarang diketahui orang. Semoga bermanfaat!