Bunga Liar Coreopsis Basalis
Bunga tahunan yang cerah ini, juga dikenal sebagai Bunga Pewarna, pernah digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk membuat pewarna kuning dan oranye.
Coreopsis basalis (Golden-surai Coreopsis) adalah spesies tanaman Amerika Utara dalam keluarga bunga matahari. Ini asli Amerika Serikat bagian tenggara dan selatan-tengah dari Texas ke Carolina. Coreopsis basalis adalah tanaman tahunan lebat setinggi hingga 60 cm (2 kaki) dengan dedaunan yang dipotong halus dan kepala bunga bulat yang mencolok.
Nama umum "tickseed" berasal dari kemiripan benih dengan serangga tertentu; nama genus Coreopsis, berasal dari bahasa Yunani "koris," membuat referensi yang mirip dengan kutu busuk. Ketahanan dan kecintaan pada tanah kering membuat bunga dalam keluarga ini sangat berharga bagi warga negara bagian Florida, yang menunjuk Coreopsis sebagai bunga liar resmi negara bagian mereka pada tahun 1991
Goldenmane ( Coreopsis basalis ) memiliki kepala bunga yang berbentuk tabung, dengan bunga cakram di tengahnya dan bunga pari yang berwarna merah kecoklatan di tengahnya. Bunga tahunan lebat yang tumbuh dengan baik di tanah berpasir di daerah yang penuh sinar matahari. Bunganya sering digunakan sebagai makanan untuk spesies ulat khusus. Beberapa burung memakan bijinya.
tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1,2 meter. Beberapa spesies hanya mencapai 40 cm. Tanaman ini ditanam di petak taman atau petak bunga kota sebagai hiasan utama. Sekitar 28 spesies bunga ini ditemukan di benua Amerika.
Tanaman ini menyukai hampir semua jenis tanah.Coreopsis membutuhkan penyiraman secara teratur sepanjang hari-hari awal, tetapi sangat toleran terhadap kekeringan saat terbentuk. Menabur langsung di Musim Gugur untuk membiarkan benih melewati musim dingin untuk mekar di Musim Semi dan Musim Panas. Jika menanam benih di Musim Semi atau Musim Panas, benih membutuhkan stratifikasi dingin/basah selama 2-4 minggu.
Demikianlah informasi mengenai Coreopsis basalis. Semoga bermanfaat!