Klasifikasi Bunga Aster
Bunga aster mulai dikembangkan dan merupakan sebuah tanaman hias karena mempunyai sebuah bentuk yang sangat menawan serta tanaman ini mempunyai beragam banyak manfaat.
Bunga aster termasuk kedalam suku Asteraceae dengan ordo Asteralase yang memiliki nama latin Callistephus chinensis. Bunga aster berasal dari Negera Cina, dan sudah menyebar kebeberapa negara sehingga banyak ditemukan di Amerika Utara , Eropa Selatan dan di Indonesia. Kata Aster berasal dari bahasa Yunani yang mempunyai makna ‘sebuah bintang’. Jika Anda llihat bunga ini memang cukup mirip dengan bintang kalau dilihat dari bentuknya.
Bunga aster bentuknya hampir seperti bunga matahari, namun memiliki ukuran relatif kecil dan memiliki warna yang beragam, misalnya berwarna kuning, ungu, merah, dan lain-lain. Memelihara tanaman hias adalah salah satu cara untuk mempercantik halaman rumah atau bisa dijadikan hobi dan bisnis.
Klasifikasi Ilmiah
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Genus: Callistephus
Spesies: Callistephus chinensis (L.) Nees
Tanaman bunga Aster ini merupakan jenis yang paling mudah untuk dikawin silangkan. Oleh karena itu tidak akan mengherankan bila bunga ini mempunyai spesies yang cukup banyak. Kawin silang ini bisa dilakukan oleh orang-orang untuk bisa menghasilkan bunga dengan jenis yang baru.
Nah itu tadi informasi tentang klasifikasi bunga aster. Semoga bermanfaat!