Cara Menjaga Kesegaran Bunga
Merangkai bunga merupakan kegiatan yang menyenangkan, selain melatih kreatifitas merangkai bunga juga bermanfaat mengasah kecerdasan otak. Saat menerima rangkaian bunga dari teman atau pasangan, Anda tentu ingin langsung meletakannya dalam vas untuk dapat dilihat setipa hari. Pada umumnya bunga sebagai dekorasi rumah akan ditempatkan di dalam wadah atau vas untuk menambah keindahan dan menyegarkan ruangan di rumah.
Tidak hanya sedap dipandang, menurut para ahli melihat bunga dapat membuat Anda lebih bahagia dan menurunkan tingkat stres. Tapi di sisi lain, sayanglah, seiring berjalannya waktu, buket bunga yang Anda dapatkan akan layu dengan cepat dan kemudian terpaksa dibuang. Bunga segar yang ada di rumah Anda umumnya hanya memiliki masa hidup yang relatif pendek. Rangkaian bunga akan menjadi layu kemudian menciptakan pemandangan yang menyedihkan dan berakhir di tempat sampah dalam beberapa hari saja.
Jika Anda tetap ingin menggunakan bunga segar untuk menghias rumah, jangan khawatir. Dengan 5 cara berikut, bunga potong dapat bertahan lebih lama.
1.Gunakan Vas yangBersih dan Bening.
Gunakan air tawar untuk mengisi vas, karena bunga merupakan tanaman yang menyerap air maka isikan air kedalam vas hingga 3/4 bagian. Tambahkan juga nutrisi yang berfungsi untuk menjaga kesegaran bunga lebih lama. Untuk mendapatkan nutrisi Anda dapat membelinya ditoko bunga yang ada dikota Anda. Jika Anda hanya mencuci vas di antara waktu pemakaian, bakteri mungkin masih tinggal di dalam vas dan berpotensi merusak bunga yang masih segar.
Bersihkan vas yang akan Anda gunakan menggunakan air sabun panas, dan gosoklah bagian dalam vas menggunakan sikat botol. Bilaslah secara menyeluruh sebelum menggunakannya.
2.Simpan dalam Suhu Normal
Bunga sebaiknya diletakkan dalam suhu normal dan tidak drastis. Letakan bunga di tempat dengan suhu 7-10 derajat Celsius atau 15-17 derajat Celcius. Selain itu, juga perlu dihindari terpapar sinar matahari langsung. Menjaga bunga dari paparan sinar matahari akan membuatnya segar dalam waktu yang lebih lama. Coba untuk tidak meletakkan bunga dekat dengan jendela.
3. Gunakan Bahan Pengawet Bunga
Agar bunga lebih tahan lama, cara pertama adalah dengan menggunakan pengawet bunga seperti biosida yang dapat mengendalikan atau membunuh bakteri atau jamur yang bisa menginfeksi bunga. Selain biosida, sukrosa juga bisa digunakan karena bertindak sebagai sumber karbohidrat bergizi dengan menyediakan energi. Sedangkan aditif asam juga berperan untuk menstabilkan PH air dan warna bunga.
Semua pengawet tersebut akan memperlambat proses penuaan alami bunga sehingga bisa mekar lebih lama.
Mudah ditemukan, Anda bisa membeli obat pengawet bunga di pedagang bunga, toko peralatan berkebun, toko kerajinan bunga, atau florist langganan Anda.
4.Biarkan Bunga Terendam Air Selama Perjalanan Pulang.
Mengeluarkan tangkai dari air walau hanya beberapa menit saja akan merugikan karena menyebabkan kesegaran tidak akan bertahan lama. Ketika pergi ke toko bunga, boleh jadi Anda perlu membawa serta ember berisi air secukupnya sehingga Anda memiliki wadah untuk menjaga kesegaran dalam perjalanan pulang.
Jika Anda tidak mungkin membawa ember, mintalah pada penjual bunga untuk menempatkan bunga yang Anda beli dalam wadah berisi air.
Anda juga perlu menggunakan gunting yang tajam atau memetiknya dengan tangan setiap ada daun yang terendam air di dalam vas bunga. Karena daun-daun yang terendam air akan menciptakan habitat yang sempurna untuk bakteri dan jamur yang kemudian akan membusuk dan menulari daun atau bunga lain yang tersisa. Jadi segeralah potong daun yang menyentuh air, kapan pun Anda menemukannya.
5.Gantilah Air Secara Teratur
Gantilah air dalam vas bunga Anda setiap dua hari sekali atau lebih untuk menjaga kesegaran bunga-bunga. Penggunaan obat pengawet bunga pun bisa membuat air dalam vas bunga berlendir setelah beberapa hari. Pastikan Anda membersihkan vas bunga dari semua kotoran sebelum menambahkan air bersih. Anda juga bisa membuang bunga-bunga yang telah layu untuk mengurangi resiko penularan pada bunga lainnya. Masukkan uang logam atau sebutir aspirin ke dalam air untuk mengontrol jumlah bakteri dalam vas.
Berikut adalah 5 tips untuk menanam bunga! Semoga bunga Anda bisa mekar cemerlang di bawah perawatan.