Tanaman Pot
Semenjak memiliki banyak kelebihan waktu di rumah, variasi hobi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di rumah pun kian beragam. Apakah kamu termasuk orang yang menjadikan hobi bercocok tanam sebagai hobi baru di masa pandemi ini? Banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah karena kebijakan pemerintah yang mengharuskan kita untuk di rumah saja, malah memunculkan hobi baru bagi sebagian orang.
Hobi bercocok tanam termasuk yang cukup digemari selama masa pandemi. Tak hanya di lahan yang luas dan terbuka, pilihan desain pot lucu sebagai media tanam tak kalah menarik untuk dicoba. Selain untuk menanam tanaman, pot cantik lebih memiliki nilai estetika, sehingga bermanfaat pula untuk mempercantik tampilan rumah. Yuk, intip dekorasi tanaman pot lucu yang bisa kamu pilih berikut ini.
1. Tanaman Hias Kaktus
Bagi kamu yang ingin memberikan nuansa sederhana namun tidak membosankan, bisa mencoba tanaman hias kaktus. Tanaman yang sempat popular beberapa waktu yang lalu ini sering dijadikan tanaman penghias dalam ruang. Selain katus bunga, terdapat katus mini yang juga sering dijadikan tanaman penghias baik indoor maupun outdoor.Perawatan dari tanaman ini terbilang cukup mudah.
Selain itu, tanaman ini berfungsi sebagi antioksidan alami yang menetralisir udara di sekitar ruangan rumah Anda.Tanaman ini begitu banyak diminati karena perawatannya sangat mudah. Apalagi mengingat habitat aslinya yang berada di gurun dan tempat kering membuat kaktus ini tahan lama meski tidak setiap hari disirami. Tanaman ini bisa menambah nilai estetika dalam rumah Anda.
2. Tanaman Hias Cemara
Cemara juga termasuk dalam kategori tanaman hias, jenisnya pun beraneka ragam. Selain dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Cemara angin lebih tipis menyerupai pinus. Daun-daunnya juga lebih panjang, dari segi bentuk pun ia tidak meruncing seperti cemara kebanyakan. Daun pada Cemara perak apabila terkena cahaya matahari akan memantul dan berwarna keperakan.
Keistimewaannya terlihat juga dari ketinggian maksimal tanaman ini, maksimal hanya satu meter saja. Daun cemara inoki mirip jenis cemara kipas. Dalam penataan taman, tumbuhan ini sering kali dipakai sebagai border tanaman. Jika anda memiliki keahlian dalam merawat tanaman dan membuat menjadi bonsai maka nilai jualnya akan jauh lebih tinggi.
3. Tanaman Hias Gantung
Tanaman gantung adalah salah satu alternatif untuk rumah yang tidak memiliki halaman rumah. Bunga Begonia bisa tumbuh subur di iklim tropis dan subtropis. Warna begonia terkenal memikat dan memiliki daun ornamental. Tak heran jika banyak sekali orang meletakkannya di beranda rumah. Bentuk daunnya bunga petunia seperti hati. Jenis ini banyak digemari karena bunganya kecil-kecil dan terlihat cantik merimbun saat semi.
Ada yang berwarna kuning, merah, putih, bahkan ada yang bercampur meski dari satu batang tanaman.
4. Tanaman Pot Unik seperti rambut palsu
Tanaman pot ini bakal membuat siapa saja terkejut saat melihatnya. Desainnya sangat kreatif. Mengambil rupa kepala manusia dengan lubang-lubang di atasnya sebagai tempat keluarnya dedaunan atau batang bunga. Desainnya yang nggak biasa pun bisa membuat rumah kamu bagaikan galeri museum yang keren, lho.
5. Tanaman Hias Buah
Bagi Anda yang menggemari buah-buahan, ada juga jenis yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias antara lain: buah naga mini, buah jeruk nagami, kacang amazon dan lain-lain. Secara fisik, bentuk buah naga mini sama seperti pohon buah naga biasa, tetapi bentuknya lebih mini dan bisa masuk dalam pot ukuran sedang. Buahnya juga bisa dikonsumsi, kandungan vitaminnya pun sama besarnya dengan buah naga besar.
Bentuk buah jeruk nagami seperti jeruk mandarin kecil namun lebih lonjong. Sepanjang tahun tanaman ini bisa berbuah sehingga tanaman hias Anda akan terus cantik dan segar dengan warna oranye jeruk ini. Tinggi pohon kacang mentega maksimal 5 meter saja, berdaun besar dan rimbun, cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Buah bisa dimakan langsung, dibuat jus, ataupun manisan pun cocok.
Demikianlah beberapa contoh tanaman hias dalam pot yang bisa Anda jadikan referensi dalam mendekorasi lingkungan sekitar kantor atau rumah Anda. Semoga bermanfaat!