Makna Bunga Lotus
Bunga lotus atau seroja adalah tumbuhan tahunan yang hidup di air. Tanaman ini sering disamakan dengan bunga tertatai meskipun keduanya berbeda dan tidak berkerabat sama sekali.
Bunga Lotus memiliki nama Ilmiah Nelumbo Nucifera nama ilmiah lainya adalah Nelumbium Nelumbo, Nelumbo Specesiosa, Nelumbium Specium. Di Indonesia dikenal dengan sebutan bunga Seroja, sedangkan nama yang lebih dikenal di dunia adalah Sacred Water Lotus, Sacret Lotus atau Chinese Arowroot, dan lain lain. Bunga ini tumbuh dalam lumpur dan mekar diatas air. Secara keseluruhan bunga ini mempunyai aroma harum dan tumbuh menjulang di permukaan air dengan daun yang melebar sejajar dengan air. Panjang tangkai tergantung dengan pedalaman air,mulai dari 20-200 cm berbentuk bulat panjang. Diameter bunga juga tergantung dari jenisnya mulai dari 10 cm -20 cm.
Sebaran bunga seroja ke daratan Eropa terjadi pada tahun 1787 ketika Sir Joseph Banks membawa bunga ini ke Eropa Barat untuk ditanam di sebuah rumah kaca pada salah satu kebun raya. Bunga lotus tumbuh hampir pada semua iklim, kecuali iklim dingin yang menyebabkan air membeku. Meski lotus tumbuh mengambang di permukaan air, namun sistem perakaran lotus tumbuh kebawah hingga menyentuh tanah atau lumpur untuk menyerap kandungan nutrisi dan unsur hara. Tanaman ini memerlukan sinar matahari secara langsung, tidak terlalu berangin, serta menyukai perairan yang arusnya tidak terlalu deras dan cenderung tenang.
Bunga seroja biasa menjadi simbol dari kejernihan hati dan pikiran. Yang lainnya juga percaya bahwasanya seroja pun menjadi simbol asal kekuatan, keberuntungan, serta kehidupan. Bunga seroja juga menyimbolkan kelahiran dan keindahan.
Lotus putih yang bermakna kemurnian pikiran, ketenangan sifat dan kesempurnaan spiritual. Lotus merah mengandung makna kasih tanpa pamrih, gairah, kasih sayang dan kebaikan. Lotus merah muda menjadi simbol tempat tertinggi, suci serta terhormat. Lotus biru mewakili makna sebagai sumber pengetahuan. Lotus ungu menjadi tanda hubungan dengan dunia mistik.
Nah itulah makna bunga lotus. Semoga bermanfaat!