Cara Merangkai Bunga
Banyak yang mungkin mengira bahwa merangkai bunga hanya bisa dilakukan oleh para profesional saja. Padahal cara merangkai bunga dapat dilakukan oleh siapa saja asalkan mempelajari prinsip-prinsipnya dengan baik, termasuk kamu yang belum pernah sama sekali mencobanya.
Cara merangkai bunga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan peralatan yang sederhana. Selain bisa mengasah kreatifitas, merangkai bunga sendiri juga bisa menghemat biaya karena kita tidak perlu bergantung dengan jasa perangkai bunga. Berikut ini cara merangkai bunga untuk dekorasi di rumah :
• Pastikan Jenis Warna Bunga Sesuai dengan Tema Acara
Sebelum memilih bunga yang dirangkai untuk keperluan dekorasi, pastikan jenis bunga dan warnanya harus sesuai dengan tema lamaran maupun pernikahan.
Hal ini tak hanya berkaitan dengan nilai estetika semata, melainkan juga faktor kesinambungan dari sebuah acara. Sebagai contoh, jika temanya monokrom, maka tema dan bunga sebaiknya bernuansa putih dan hitam. Sementara, jika kamu mengutamakan tema full color, pemilihan tema yang tepat mulai dari warna pastel yang bersifat lembut, maupun warna-warna mencolok seperti merah dan hijau
• Pilih Vas yang Akan Digunakan
pemilihan vas bunga bergantung dengan kesan apa yang ingin kamu hadirkan nantinya. Artinya tetap harus disesuaikan dengan tema yang kamu tentukan di awal.
Vas bunga dari kaca dapat menampilkan kesan elegan yang klasik, namun juga pas untuk digunakan pada acara-acara informal karena di satu sisi vas kaca juga menampilkan kesan kasual yang chic. Jika rangkaian bunga akan digunakan sebagai centerpiece dari dekorasi yang dipajang di atas meja atau rak, tempatkan rangkaian di dalam vas keramik. Jangan ragu untuk bersksperimen pada tahap cara merangkai bunga ini. Beri sentuhan personal dengan menggunakan vas yang kamu kreasikan sendiri
• Menentukan Konsep Bunga
Selanjutnya ialah menentukan konsep rangkaian bunga yang ingin dibuat. Biasanya konsep rangkaian bunga yang dibuat disesuaikan dengan selera dan kondisi rumah. Jika dipakai untuk dekorasi acara, kita harus menyesuaikan dengan tema acara yang dipakai. Setelah menentukan konsep, barulah kita bisa memilih bunga apa yang cocok untuk dipakai.
• Susunan Bunga
Cara merangkai bunga sebagai dekorasi rumah yang paling penting adalah susunannya harus proporsional.
Letakkanlah bunga yang berukuran paling besar di tengah sebagai pusat perhatian. Sementara, bunga yang berukuran lebih kecil di sekelilingnya. Kemudian, ukuran bunga paling kecil harus berada di lapisan paling ujung.
• Perhatikan Letak Bunga yang Akan Dipasang
Penempatan rangkaian bunga ini bisa dilakukan pada wadah bunga seperti vas, pot bunga dengan desain unik maupun di tempat lain yang tak kalah unik. Untuk meningkatkan sisi estetika diatas, kamu juga bisa mencari pot maupun kendi-kendi unik bernuansa vintage yang bisa dibeli ditempat barang bekas misalnya. Tak hanya itu, jika bentuk rangkaian bunga tersebut berukuran kecil juga bisa disimpan pada tempat yang bersifat kontemporer.
• Potong Tangkai Bunga Sesuaikan dengan Ketinggian Vas
merapikan bunga dengan memotong daun dan duri yang terdapat di tangkainya. Setelahnya, potong tangkai bunga sesuai dengan susunan yang diinginkan.
Biasanya setiap tangkai bunga dipotong dengan variasi yang berbeda-beda dan yang terpenting tidak kurang dari tinggi vas. Untuk menghindari kesalahan pada cara merangkai bunga di tahap ini, letakkan tangkai bunga sejajar dengan vas bunga pada saat kamu memotongnya.
• Segarkan dengan Air dan Tambahan Aksesoris
Saat merangkai bunga kamu bisa memadukannya dengan beberapa aksesoris seperti tumbuhan pakis dan baby’s breath. Cara merangkai bunga juga memperhatikan di mana vas bunga akan diletakkan. Maka dari itu, atur ketinggian dan arah penataan bunga sehingga terlihat simetri dan indah dipandang dari sudut mana pun. Tambahkan air bersih juga ke dalam vas agar rangkaian bunga selalu terlihat segar.
Itulah cara merangkai bunga sendiri untuk dekorasi rumah yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!