Kaktus Yang Mudah Dirawat
Selain menjadi tren, merawat tanaman memang menjadi hobi yang dapat menenangkan pikiran. Pilihan tanaman yang dirawat pun sangat beragam. Ada tanaman yang perlu perawatan ekstra, ada pula tanaman yang sangat mudah untuk dirawat.
Kaktus merupakan salah satu tanaman hias indoor yang cantik dan serta mudah untuk dirawat. Kaktus dapat tumbuh tanpa air dalam waktu yang lama. Mungkin kamu sudah melihatnya, kaktus merupakan tanaman batang yang khas dengan duri di bagian tubuhnya. Berikut adalah jenis-jenis kaktus hias yang mudah perawatan nya :
• Astrophytum
Kaktus terkenal dengan pertumbuhannya yang lama. Untuk tumbuh sebanyak 5 cm, kaktus jenis Astrophytum ini membutuhkan 4 hingga 5 tahun, lho!
Jika kamu ingin Astrophytum lebih cepat tumbuh, kamu harus menempatkannya pada rumah taman yang ruangannya dibuat pendek dan tertutup 100%. Jenis kaktus Astrophytum ini berwarna kuning dan merah muda.
• Gymnocalycium
Kaktus ini dihiasi dengan bunga berwarna merah muda yang membuat tampilannya secara keseluruhan terlihat menggemaskan. Biasa ditanam di pot berukuran kecil, tanaman ini sangat cocok untuk disimpan di atas meja ruang tamu. Selain itu, keunikan dari kaktus ini terdapat pada bentuknya yang bulat karena terkesan unik jika dibandingkan dengan tampilan kaktus kebanyakan.
• Kaktus Saguaro (Carnegiea gigantea)
Kaktus ini memiliki tampilan klasik khas dari Gurun Sonora. Ia dapat tumbuh tinggi hingga mencapai empat puluh kaki dengan jangka waktu bertahun-tahun. Kaktus ini dapat dijadikan tanaman indoor sejak lama asalkan Anda meletakkannya di tempat yang terpapar sinar matahari.
• Opuntia Microdasys
Opuntia Microdasys memiliki banyak nama lain seperti Kaktus Angel Wings atau Kaktus Telinga Kelinci. Kaktus ini memiliki batang yang panjang dan lebar sehingga memiliki julukan tersebut.
Kaktus Telinga Kelinci ini dapat tumbuh dengan tinggi 6 cm hingga 15 cm dengan lebar mulai dari 4 cm hingga 12 cm yang cocok sebagai hiasan ruangan. Namun, jenis kaktus ini juga bisa tumbuh seperti semak lebat dengan ketinggian 40 sampai 60 cm.
• Fairy Castle atau Cereus Tetragonus
Jika kamu ingin juga menghias halaman rumah dengan kaktus mini, fairy castle merupakan salah satu varian yang bisa dipertimbangkan. Kaktus yang satu ini dapat tumbuh tinggi ke atas dan ditanam secara berderet sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pagar hidup
• Kaktus Mini Astrophytum
Kaktus yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik karena menyerupai buah belimbing. Agar cepat tumbuh, letakkan kaktus ini di dalam ruangan dengan suhu sekitar 40 derajat Celsius. Namun, pastikan juga agar kaktus ini tidak terpapar terlalu banyak sinar matahari,
• Ariocarpus
Ariocarpus disebut sebagai rajanya kaktus. Tidak seperti kebanyakan kaktus yang berduri pada batangnya, jenis kaktus ini tidak memiliki duri sama sekali. Ariocarpus adalah jenis kaktus yang memiliki bunga. Warnanya pun cukup beragam, ada yang pink, putih, ungu, merah, dan kuning. Salah satu keunikan dari jenis kaktus ini adalah pada ragam bentuk daunnya, ada yang tumpul, runcing, dan melengkung. Bahkan, ada pula daun yang berbentuk menyerupai prisma.
Itulah beberapa rekomendasi kaktus hias yang mudah di rawat dan untuk mempercantik tampilan rumah. Semoga bermanfaat!