Beruang Coklat yang Kuat
Ketika Anda memikirkan beruang coklat, gambar apa yang muncul di benak Anda? Kepala beruang coklat itu besar dan bulat, tubuhnya sangat kuat, otot-otot seluruh tubuhnya luar biasa, bahunya menonjol, dan bulunya yang tebal bisa menahan dingin dengan lebih baik.
Beruang coklat memiliki kisaran habitat yang luas dan terutama tersebar di daerah pegunungan yang lebih tinggi, daerah dengan hutan yang luas dan daerah yang jarang penduduknya, dan mereka terbiasa hidup sendiri di hari biasa. Makanan mereka adalah nabati dan hewani. Di antaranya, makanan nabati menyumbang dua pertiga, termasuk berbagai batang, hijauan, biji-bijian dan buah-buahan, dll.; makanan hewani menyumbang sepertiga, seperti serangga, hewan pengerat, ungulates, ikan dan bangkai.
Kecepatan beruang coklat itu luar biasa. Meskipun mereka mungkin terlihat besar dan rumit, itu hanya diluarnya saja! Beruang coklat dapat berlari hingga 48 km/jam, atau bahkan lebih cepat! Tingkat ini dapat dicapai ketika beruang coklat stres atau marah, kata para peneliti.
Beruang coklat dapat berdiri hingga 3meter dan merupakan hewan yang umum dalam dongeng. Umur rata-rata beruang coklat di alam liar hanya 25 tahun. Beruang coklat besar ini tidak memiliki musuh alami kecuali manusia, dan jika ada, mereka hanya bisa bertarung di antara spesies yang sama. Jika tidak, tidak ada hewan lain yang dapat mengancam statusnya. Beruang coklat memiliki cakar yang kuat yang dapat membunuh seekor kuda dan rusa sebesar mereka dengan satu tamparan. Meskipun beruang coklat tidak dapat menarik kembali cakarnya dan tidak terlalu fleksibel, kekuatannya cukup besar untuk membunuh lawannya.
Selain kekuatannya yang besar, beruang coklat memiliki cakar yang panjang dan tajam yang bahkan bisa mencapai 15 cm. Giginya yang tebal dan tajam dapat menghancurkan tulang mangsa dengan lebih baik. Penglihatan mereka relatif buruk, tetapi mereka memiliki indera penciuman yang sangat baik dan dapat melihat hewan lain melalui hidung mereka.
Setiap beruang coklat akan menemukan sarang yang nyaman untuk dirinya sendiri. Lereng bukit yang tersembunyi, di bawah bebatuan besar, dan lubang pohon berlubang adalah pilihan yang baik untuknya. Tentu saja, mereka juga akan menggali sarang untuk diri mereka sendiri, dan sarang seperti itu seringkali dapat bertahan selama beberapa tahun. Beruang coklat menjaga hidup mereka dengan sangat baik.
Ada lebih sedikit beruang coklat daripada yang Anda kira. Anda mungkin berpikir bahwa beruang coklat sering terlihat di kebun binatang, kartun, dan toko mainan. Mereka pasti bukan hewan langka. Namun pada kenyataannya, mereka juga sangat membutuhkan perlindungan manusia. Ada hampir 100.000 beruang coklat yang hidup di alam liar di Amerika Serikat, terhitung lebih dari setengah dari semua beruang coklat di dunia. Ada kurang dari 100 beruang coklat di Italia dan Yunani. Namun, beruang coklat diperkirakan telah punah di beberapa negara. Perlindungan berkelanjutan terhadap beruang coklat oleh manusia tetap penting.