Tuan Pertanian yang Ramah
Sebagai spesies yang unik di benua Afrika, serval terutama terjadi di lokasi sub-Sahara, dan banyak orang akan salah mengiranya sebagai caracal. Mereka adalah ukuran cheetah kecil, dengan anggota badan ramping dan bintik-bintik gelap yang berbeda di bulu mereka yang memanjang ke kepala. Mereka juga memiliki cincin hitam di ekornya, jantan lebih besar dari betina, dan di antara kucing, serval relatif besar.
Kebanyakan dari mereka tinggal di sabana. Sebagai kucing, mereka adalah hewan soliter. Pada dasarnya, serval akan menempati wilayah sekitar 20 meter persegi di alam liar. Mereka biasanya tinggal di sana pada dasarnya, dan kesadaran teritorial mereka sangat kuat, dan mereka akan berperang melawan penjajah asing bahkan jika mereka adalah orang besar. Jantan tidak mengizinkan betina untuk berbagi wilayah mereka, bahkan ketika sudah waktunya untuk kawin. Dan seperti kebanyakan kucing, mereka adalah hewan nokturnal, dan mereka relatif sensitif dalam tindakan, dan betina relatif lebih aktif daripada jantan.
Meskipun mereka adalah hewan soliter, jantan sering terlihat berjalan dengan betina, biasanya selama musim kawin. Tapi persahabatan semacam ini berumur sangat pendek. Setelah kawin selesai, jantan akan meninggalkan betina dan pergi mencari kekasih baru. Mereka benar-benar "playboy". Dan betina juga sangat kuat, bahkan jika mereka kesepian, mereka akan mengasuh anak-anaknya untuk hidup mandiri. Meskipun anak-anaknya dikandung dalam pelukan ibu selama dua setengah bulan, mereka masih sangat kecil setelah lahir, dan tidak akan berkembang dalam bentuk pertumbuhan sampai 11 hari kemudian. Setelah itu, perlahan memasuki masa menyusui, dan perkembangan tidak akan selesai sampai 6 bulan.
Setelah satu tahun, anak kucing akan diusir secara paksa oleh induknya, dan membiarkannya menemukan wilayahnya sendiri, dan akan membutuhkan satu atau dua tahun bagi anak-anak sapi yang baru lahir untuk sepenuhnya menentukan wilayah mereka sendiri. Harapan hidup mereka sama dengan kucing domestik, dengan rata-rata sepuluh tahun, dan harapan hidup terpanjang adalah 23 tahun.
Serval berburu sendiri ketika mereka telah dewasa, dan sebagai kucing dengan penampilan cheetah, serval juga memiliki kemampuan predasi yang kuat. Tetapi kebanyakan dari mereka adalah hewan kecil, pada dasarnya beberapa burung, tikus, dll. Hewan kecil ini sering merusak lahan pertanian manusia, jadi untuk mencari makanan dengan lebih baik, serval sering muncul pada tanaman yang ditanam oleh manusia. Meskipun mereka memangsa keinginan egois mereka sendiri, mereka juga secara tidak langsung membantu manusia. Oleh karena itu, manusia sering menyebutnya “Tuan Pertanian yang Ramah”.
Serval telah memegang status tinggi sejak zaman kuno. Karena mereka telah membantu manusia sejak lama, serval juga banyak dicari oleh manusia di Mesir kuno, dan berbagai patung dan prasasti sering dibangun. Orang Mesir kuno bahkan menganggapnya sebagai penjelmaan dari dewa perang wanita Terbaik, jadi serval juga merupakan binatang suci Mesir.
Sudah lama dikabarkan bahwa IQ serval lebih tinggi daripada kucing domestik, tetapi hal yang sama juga sebaliknya, mereka sulit untuk menjinakkan diri. Dari perspektif alam, hidup di alam liar untuk waktu yang lama sulit diubah, dan sulit bagi mereka untuk menjadi jinak seperti kucing domestik. Banyak orang mungkin keberatan. Tetapi ketika Anda benar-benar melihatnya, itu mungkin jinak dalam satu detik, dan gen liar akan meledak di detik berikutnya, dan mengejutkan Anda!
Pelayan juga menghadapi krisis besar di seluruh dunia. Meskipun wilayah mereka di padang rumput sangat luas, dengan perkembangan manusia yang berkelanjutan, wilayah padang rumput secara bertahap dipersingkat. Oleh karena itu, habitat serval liar tidak seluas yang dibayangkan. Ditambah dengan hype berulang dari dunia luar, serval menjadi lebih berharga. Banyak orang jahat mulai berburu dan membunuh, baik membawa mereka ke lingkaran tiran untuk dijual, atau menggunakan bulu mereka untuk dijual.
Serval sebagai spesies suci, kita berkewajiban untuk mengendalikan keinginan egois kita dan melindunginya dengan lebih baik. Bagaimanapun, penampilan cantik mereka dicintai oleh semua orang, dan cinta ini tidak harus dimiliki, bukan begitu?