Saatnya Langit Malam
Di manakah di dunia yang memiliki langit malam paling indah? Langit malam menarik manusia karena keindahannya yang indah dan romantis. Masih banyak tempat di dunia di mana Anda bisa menyaksikan kemegahan langit malam. Di sini Anda dapat menikmati langit berbintang yang belum pernah ada sebelumnya, Bima Sakti, dan Cahaya Utara. Artikel ini akan mencantumkan tempat-tempat terindah di langit malam di dunia.
1. Taman Hutan Galloway, Inggris
Galloway Forest Park di Skotlandia adalah salah satu dari empat taman malam gelap terbesar di dunia, dan juga merupakan cagar langit gelap tingkat emas di Inggris. Pada siang hari, taman dengan hutan lebat dan perbukitan. Pada malam hari, itu penuh dengan bintang dan indah dan tenang. Pada tahun 2009 taman ini dianugerahi gelar kehormatan "Taman Malam Gelap" oleh Asosiasi Malam Gelap Internasional dan ditetapkan sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat bintang.
2. Taman Nasional Jembatan Alami, AS
Monumen Nasional Jembatan Alami terletak di Utah, AS dan merupakan salah satu dari hanya 4 taman malam gelap di dunia. Malam bertabur bintang menggantung di atas Jembatan Owa Chomo di Monumen Nasional Jembatan Alam di Utah. Cagar alam ini adalah taman langit gelap pertama yang diberi nama oleh Asosiasi Langit Gelap Internasional.
3. Taman Nasional Death Valley, AS
Death Valley dianggap sebagai salah satu tempat terkering di Bumi, dengan curah hujan tahunan rata-rata hanya 60mm, sebagian karena kondisi cuaca ekstrem, dan meskipun jauh dari kota-kota besar, Death Valley adalah tempat yang ideal untuk melihat bintang. Death Valley adalah cagar langit gelap terbesar di Amerika Serikat yang ditunjuk oleh International Dark Sky Association.
4. Taman Nasional Bik Hongaria
Taman Nasional Bik adalah taman nasional terbesar di Hongaria, terletak di pegunungan utara Bik, dekat kota Miskolc, di mana kesempatan melihat bintang yang sempurna menanti Anda di bawah gunung tertinggi di negara itu.
5. Taman Nasional Cherry Springs, AS
Taman Nasional Cherry Springs di Pennsylvania memiliki beberapa pemandangan langit malam terbaik di Amerika Serikat. Tergantung pada waktunya, Anda dapat melihat Venus, Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan Nebula Omega. Meskipun taman buka sepanjang tahun, mereka juga menawarkan saran tentang waktu terbaik untuk berkunjung. Musim semi dan musim panas adalah waktu yang ideal untuk mengamati Bima Sakti, tetapi musim gugur dan musim dingin lebih baik untuk kejelasan keseluruhan.
6. De Bosplatte, Belanda
De Bosplatte adalah cagar alam yang diakui oleh Dewan Eropa, dan lokasi pemandangan malam terbaik di sini adalah di sebelah timur Pulau Tecilin, yang sangat nyaman. Publik memiliki akses tak terbatas ke taman kapan saja, dan ada delapan tempat pengamatan bintang yang dapat dipilih.
7. Mauna Kea, AS
Mauna Kea adalah gunung berapi aktif, di mana banyak observatorium berada. Ini adalah 4.207 meter di atas permukaan laut dan memiliki iklim yang sangat kering sepanjang tahun. Mauna Kea adalah tempat yang ideal untuk melihat bintang dan pengamatan astronomi. Stasiun informasi pengunjung di puncak menawarkan teleskop dan sukarelawan yang didanai publik untuk membantu Anda dengan pengalaman menonton. Ini juga satu-satunya tempat di Amerika Serikat di mana Anda dapat melihat Salib Selatan.
8. Taman Nasional Sagarmatha, Nepal
Sebuah taman gunung di kaki Gunung Everest, seluas 1.148 kilometer persegi, adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan harus dilihat oleh para penggemar astronomi. Saat malam tiba, pengunjung dapat menikmati pemandangan Bima Sakti yang indah dan jernih di atas Himalaya. Jika Anda bermalam, Anda akan dapat melihat pertunjukan malam di sini.
9. Taman Nasional Big Bend, AS
Taman Nasional Big Bend terletak di barat daya Texas. Ada pemandangan gunung dan gurun yang megah, lembah yang dalam yang terkikis oleh sungai, dan formasi geologis yang spektakuler. Hal ini dikenal sebagai taman paling gelap di malam hari di benua Amerika Serikat. Taman ini terletak di sudut barat daya Texas, menghadap Meksiko di sepanjang Rio Grande, dan lokasinya yang terpencil menjadikannya tujuan pengamatan bintang.
10. Trysil, Norwegia
Trysil, yang terletak di daerah Hedmark di tenggara Norwegia, juga merupakan salah satu tujuan paling populer di Norwegia untuk bermain ski dan olahraga musim dingin lainnya, dan memiliki langit paling cerah di Skandinavia. Trysil adalah lokasi yang ideal untuk pemandangan Arktik dan galaksi, dan Anda juga akan kagum dengan keajaiban alam semesta.