Pentingnya Kumis Kucing
Kami terbiasa dengan kucing berjanggut panjang, tetapi pernahkah Anda mengerti apa yang dilakukan janggut mereka? Jika Anda berpikir bahwa kumis kucing, seperti halnya manusia, hanyalah hiasan, Anda salah.
1. Sensor
Kumis kucing seperti radar mereka. Jenggot kucing memiliki indera peraba yang kuat, sehingga dapat merasakan perubahan aliran udara di sekitarnya dan kelembapan udara, yang dapat dianggap sebagai radar keluar-masuk. Kucing tidak hanya mengandalkan mata mereka untuk melihat perubahan di lingkungan sekitarnya, tetapi janggut mereka juga merupakan bagian yang sangat penting. Jenggot kucing bahkan bisa merasakan serangga terbang kecil terbang di sekelilingnya.
2. Alat ukur
Faktanya, kumis kucing setara dengan penggaris, dan panjang kumisnya sama dengan lebar tubuhnya. Ketika kucing mencoba melewati tempat yang sempit, mereka menggunakan kumisnya untuk mengukur ukuran pintu masuk untuk melihat apakah mereka bisa masuk. Jadi kucing selalu bisa berlarian di setiap sudut rumah tanpa terjebak.
3. Komunikator Emosional
Saat kucing dalam suasana tenang atau senang, kumis kucing dalam keadaan datar. Saat ini, ketika Anda berinteraksi dengan kucing, kucing tidak akan menolaknya. Bila kumis kucing dekat dengan wajah, berarti kucing sedang dalam keadaan tegang atau marah. Pada saat ini, pemilik harus berhenti berinteraksi dengan kucing agar tidak diserang oleh kucing. Oleh karena itu, bagi pemilik kucing di rumah, pastikan untuk memperhatikan perlindungan kumis yang begitu penting bagi kucing.
4. Digunakan untuk mencari mangsa
Mata kucing rabun jauh, yang berarti mereka tidak dapat melihat objek yang dekat dengan jelas. Jadi ketika kucing menangkap mangsa, apakah itu tikus atau mainan, mereka menggunakan kumisnya untuk menemukannya. Selain itu, kumis yang tumbuh di bagian lain kucing, seperti di dagu dan di belakang kaki depan, digunakan untuk mencari mangsa.
5. Lindungi mata kucing Anda
Kucing juga memiliki kumis di atas matanya, dan kumis ini berfungsi untuk melindungi mata kucing. Misalnya, ketika kucing dekat dengan suatu benda dan ada sesuatu yang akan menyentuh mata, kumis ini dapat menyebabkan kucing berkedip dan melindungi mata.
6. Menyeimbangkan tubuh
Sejak dijinakkan, kucing jarang berolahraga, tetapi mereka tetap stabil dan cepat saat bergerak. Keberadaan kumis kucing dapat membantu kucing untuk mengontrol keseimbangan tubuhnya dengan baik. Begitu kucing kehilangan kumisnya, kemampuan mengendalikan indra arah akan berkurang, dan tempat yang sedikit lebih tinggi dan curam akan menyebabkan kucing terluka.
Kumis kucing sangat sensitif, karena tumbuh di kulit lebih dalam daripada bulu, dan mereka bahkan dapat merasakan arah rambut mereka berubah oleh angin sepoi-sepoi. Oleh karena itu, pemilik biasanya berusaha untuk tidak bermain-main dengan kumis kucing, yang dapat menyebabkan kucing merasa sakit. Juga, jangan memotong kumis kucing Anda, karena ini dapat membingungkan atau membingungkan kucing Anda karena ia tiba-tiba kehilangan alat untuk merasakan jalannya.