Terpesona akan Keimutannya
Koala adalah harta nasional Australia dan hewan arboreal primitif berharga yang unik di Australia. Koala terutama ditemukan di dataran rendah, hutan eukaliptus dengan kepadatan rendah di Queensland, New South Wales, Victoria, dan Australia Selatan.
Koala memiliki badan yang gemuk, tidak memiliki ekor, berbulu yang tebal dan berantakan. Seekor koala dewasa memiliki panjang sekitar 70 hingga 80 sentimeter dan berat sekitar 10 kilogram.
Tubuhnya berwarna abu-abu muda hingga kuning muda, dengan warna yang lebih cerah di sekitar perut, tidak berambut, besar, berhidung dan berkepala bulat, dan telinga yang berbulu. Cakar di kaki depan sangat kuat dan membuatnya menjadi pandai memanjat.
Kebiasaan koala.
Perilaku.
Koala adalah hewan soliter, dengan jantan menempati area bersarang tetap. Ukuran area bersarang berkorelasi dengan kelimpahan habitat.
Karakteristik hidup.
Koala menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pohon dan hampir seluruh hidup mereka di kayu putih. Ia tidur hampir sepanjang hari, mencari makan kurang dari 10% dari waktu, dan menghabiskan sebagian besar sisanya duduk diam.
Makanan.
Koala hampir tidak pernah turun untuk minum air. Mereka memakan daun kayu putih dan bisa makan banyak daun kayu putih setiap hari. Namun, mereka dapat mencernanya dengan baik.
Gigi koala cocok untuk menangani daun kayu putih. Menggunakan geraham mereka, mereka mengunyah daun menjadi halus, yang kemudian difermentasi secara mikroba di sekum.
Seekor koala dewasa memakan sekitar 500 gram daun segar per hari. Meskipun koala memiliki lebih dari 600 spesies kayu putih untuk dipilih, mereka hanya memakan sekitar 30 spesies.
Perkembangbiakkan.
Koala mempraktikkan sistem perkawinan "poligami" yang ekstensif. Masa kehamilan sekitar 35 hari, dengan hanya satu anak dari setiap kehamilan, dan melahirkan di musim panas (November hingga Maret).
Aktivitas.
Koala adalah hewan nokturnal. Biasanya mereka tidur di siang hari ketika cuaca panas dan mulai bergerak sebagian besar di malam hari. Koala hanya membuat pengecualian ketika mencari makan di siang hari atau memiliki naungan yang cukup baik.
Musuh alami.
Ada terutama anjing liar, rubah dan elang. Namun, kini manusia semakin menjadi pembunuh koala nomor satu.
Mengapa koala termasuk spesies yang terancam punah?
Hilangnya dan terfragmentasinya habitat koala yang disebabkan oleh aktivitas manusia merupakan ancaman terbesar bagi populasi koala.
Urbanisasi wilayah pesisir Australia dan aktivitas manusia seperti reklamasi semak pedalaman secara langsung menyebabkan penurunan tajam populasi koala.
Perusakan habitat memaksa koala bermigrasi untuk mencari habitat baru. Dalam prosesnya, koala mudah ditabrak kendaraan yang lewat dan diserang oleh anjing peliharaan.
Saat ini, lebih dari 4.000 koala mati setiap tahun karena kecelakaan dan serangan anjing peliharaan.
Pada 24 November 2019, saat kebakaran hutan terus berkobar di Australia tenggara.
Ketua Yayasan Koala Australia mengatakan kebakaran dalam dua bulan terakhir telah menghancurkan 80 persen habitat alami koala, dan setidaknya 1.000 koala telah mati dalam kebakaran tersebut.