Jenis Bunga Tulip
Bunga Tulip, Ketika mendengar jenis bunga yang satu ini, tentunya kita langsung terbayang dengan Negara Belanda. Sebab, di negara ini Tulips dijadikan sebagai bunga nasional.
Bunga tulip dikenal sebagai salah satu bunga yang paling indah di dunia. Bukan hanya di Belanda saja, tulip merupakan tanaman nasional dari Turki dan Iran. Bunga tulip diidentikkan sebagai simbol cinta yang sempurna. Hal ini tak terlepas dari keindahan bagian batang, daun, dan bunga tanaman tulip.
Beberapa jenis tulip yang paling populer antara lain:
• Tulip Angelique
Jenis bunga tulip tercantik dan paling terkenal di dunia adalah tulip Angelique. Kecantikan bunga ini berasal dari warnanya yang merah muda dan putih serta bentuknya yang feminin. Bunga yang satu ini bisa hidup subur di musim dingin dan paling cocok ditanam di akhir Oktober hingga November.
• Single Late
Single Late adalah salah satu jenis Tulips yang memiliki ukuran mahkota yang cukup kecil. Jenis dari bunga tulip ini, termasuk bunga yang lama dalam proses berbunganya.
Umumnya, pada Tulips spesies lain mekar di awal bulan april, namun bunga ini akan mekar pada akhir bulan April, terkadang sudah masuk bulan Mei baru mekar.
• Darwin Hybrid
Bunga tulip Darwin Hybrid merupakan hasil persilangan dari jenis Fosteriana dengan Tulip Darwin. Bunga ini populer dengan ukuran bunganya yang lebih besar daripada jenis tulip lainnya.
Warna ungu tuanya pun sangat cantik, ehingga tak heran jika tulip Darwin Hybrid sering dijadikan tanaman hias di taman. Selain itu, bentuk bunganya yang besar dan cantik membuat Darwin Hybrid juga sering dijadikan bunga potong.
• Lady Tulip
Salah satu jenis tulip yang sangat populer karena bentuknya yang cantik adalah Lady Tulip. Saat mekar, bunganya membentuk formasi bintang dengan diameter 4 inchi. Bagian tengah kelopaknya berwarna putih hingga krem dan dihiasi sedikit warna emas, sedangkan bagian luar kelopak berwarna pink tua.
Tinggi Lady Tulip sekitar 6 sampai 12 inchi dengan lebar 8 inchi. Batangnya cukup tinggi dan berbentuk lurus. Lady Tulip tumbuh subur jika mendapatkan sinar matahari penuh namun dengan cahaya teduh.
• Double Late
Kelopak bunga tulip Double Late tergolong besar jika dibandingkan dengan jenis tulip lainnya. Kelopaknya besar dan tersusun dengan rapi. Namun tulip Double Late tidak bisa tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan tinggi ataupun angin kencang, serta cuaca ekstrim lainnya.
• Tarda
Jenis tulip yang satu ini adalah tulip yang tumbuh abadi. Bunga ini berasal dari Asia Tengah dan memiliki warna kuning di bagian tengah, sementara bagian ujungnya berwarna putih. Karena tumbuh abadi, maka Tulip Tarda menjadi jenis tulip yang paling andal. Ukurannya bisa mencapai 8 inchi saat mekar secara penuh di saat cuaca sedang cerah.
• Shirley
Jenis bunga tulip terunik yang bisa kamu temukan jatuh pada tulip Shirley. Keunikan bunga ini berasal dari kombinasi warnanya yang berbeda dengan tulip pada umumnya. Selain itu, tidak ada warna bunga Tulip Shirley yang sama, sehingga setiap bunga memiliki warna yang berbeda.
• Tulipa acuminata
Tulipa acuminata adalah jenis tulip langka yang sulit untuk di temukan, bunganya berwarna merah runcing pada bagian atas dan berwarna kuning pada bagian bawah. tulip ini sering di sebut tulip api-api karena bunga ini memiliki bentuk seperti nyala api.
• Tulipa aucheriana
Tulipa aucheriana adalah ajenis tulip dengan bunga berwarna pink dengan bagian pusat berwarna kuning dan banyak ditemukan di Lebanon, Suriah, Turki, Iran, Israel serta Kaukasus utara, Rusia.bunga ini banyak tumbuh di daerah lereng gunung berbatu.
• Tulipa butkovii
Tulipa butkovii adalah jenis tulip yang memiliki bunga berwarna putih dengan sedikit warna ungu. Selain warna putih jenis tulip ini ada yang berwarna kuning.
Itulah beberapa jenis bunga tulip. Semoga bermanfaat!