Lumba-Lumba Cerdas
Lumba-lumba selalu memberi orang perasaan sejuk! Mereka jujur, ramah dan cerdas, sehingga banyak disukai orang. Menonton lumba-lumba merupakan pengalaman yang menyenangkan, baik di laut maupun di akuarium. Namun, sedikit yang diketahui tentang lumba-lumba.
Lumba-lumba adalah cetacea berukuran kecil hingga sedang, dengan panjang tubuh sekitar 1,5-10 meter dan berat sekitar 50-7000 kg. Lumba-lumba jantan biasanya lebih besar dari betina. Mereka terutama menghuni perairan tropis yang hangat, tetapi beberapa lumba-lumba juga lebih suka perairan yang lebih dingin. Lumba-lumba biasanya hidup di perairan dangkal atau setidaknya tinggal di dekat permukaan.
Lumba-lumba dapat memiliki 8 hingga 250 gigi yang digunakan untuk menangkap mangsanya, tetapi alih-alih mengunyahnya, lumba-lumba menelan makanannya secara utuh. Lumba-lumba hidung botol memiliki 80 hingga 100 gigi. Banyak orang tahu bahwa lumba-lumba memiliki pendengaran yang sangat tajam, tetapi tahukah Anda bahwa lumba-lumba tidak memiliki indera penciuman? Karena mereka tidak memiliki saraf penciuman.
Jika Anda harus memilih salah satu hewan terpintar di dunia, apa yang akan Anda pilih? Mungkin reaksi pertama banyak orang adalah lumba-lumba. Berapa kali Anda melihat lumba-lumba tidak terlalu besar, biasanya di akuarium, tetapi mereka akan meninggalkan kesan yang sangat mendalam pada orang-orang. Setelah lumba-lumba di akuarium dilatih oleh pelatih. Mereka dapat melakukan banyak gerakan sulit melalui isyarat dari pelatih mereka. Misalnya, setelah lumba-lumba melompat dari air, ia menggunakan mulutnya yang panjang untuk memukul bola kecil di langit, lalu jatuh ke air dengan gerakan yang anggun, sama menawan dan lincahnya seperti peri.
Kita harus bertanya, mengapa lumba-lumba lebih pintar dari hewan lain? Para ilmuwan telah melakukan penelitian jangka panjang, dan mereka telah menemukan bahwa lumba-lumba memiliki dua otak, sehingga lumba-lumba memiliki kemampuan belajar yang sangat kuat. Dengan sedikit latihan, Anda bisa melakukan gerakan akrobatik dengan berbagai tingkat kesulitan. Otak lumba-lumba menyumbang 1,2% dari berat badan, sedangkan simpanse hanya menyumbang 0,7%.
Hal yang paling menakjubkan tentang lumba-lumba adalah mereka mencintai manusia. Lumba-lumba adalah makhluk air yang sangat ganas, mereka dapat menyerang hiu, tetapi lumba-lumba jarang menyerang manusia. Sebaliknya, sudah berkali-kali lumba-lumba menyelamatkan manusia. Biasanya orang diserang hiu di laut, dan lumba-lumba datang untuk mengusir hiu. Terkadang lumba-lumba membawa orang ke pantai. Lumba-lumba liar juga sering berenang ke pantai untuk bermain dengan manusia.
Sebagai mamalia, lumba-lumba memiliki banyak ciri yang mirip dengan manusia. Namun, karena lumba-lumba hidup di laut, yang berbeda dengan lingkungan darat manusia, akan ada beberapa perbedaan dalam cara mereka dilahirkan. Lumba-lumba dilahirkan dengan ekor terlebih dahulu, sedangkan bayi manusia dilahirkan dengan kepala terlebih dahulu. Selain itu, lumba-lumba betina umumnya membutuhkan waktu sebelas bulan untuk hamil sebelum melahirkan anak. Lumba-lumba yang baru lahir terutama mengandalkan susu induknya untuk makanan, sehingga lumba-lumba telah mengikuti induknya sejak lahir. Sampai usia tiga tahun, setelah belajar memancing dan keterampilan bertahan hidup lainnya, anak lumba-lumba secara bertahap menjauh dari kelompok induk lumba-lumba dan tinggal bersama teman-temannya.
Hal terakhir yang perlu disebutkan adalah bahwa lumba-lumba adalah teman baik manusia, dan kita harus tahu bagaimana melindungi mereka. Jumlah lumba-lumba semakin menipis. Agar jumlah lumba-lumba tidak berkurang, kita harus menjaga lingkungan dan rumah tempat mereka bergantung.