Satelit buatan
Satelit buatan bumi mengacu pada pesawat ruang angkasa tak berawak yang mengorbit bumi selama lebih dari satu putaran, disebut sebagai satelit buatan. Satelit buatan adalah pesawat ruang angkasa yang paling banyak diluncurkan, digunakan, dan tumbuh paling cepat. Seperti kata pepatah, "berdiri tegak dan melihat jauh", kalimat ini merangkum keunggulan satelit buatan dengan sangat singkat.
Orang yang tidak tahu tentang satelit buatan mungkin tidak terlalu memperhatikan dinamikanya, berpikir bahwa ini semua tentang ilmuwan. Padahal, satelit buatan sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita masing-masing. Bahkan dapat dikatakan bahwa mereka telah mengubah hidup kita dan membawa kenyamanan besar dalam hidup kita.
Menurut objek dan kegunaan pengamatan yang berbeda, satelit buatan dapat dibagi menjadi beberapa kategori: satelit meteorologi, satelit sumber daya, satelit laut, satelit pengintai milik satelit penginderaan jauh; satelit eksplorasi ruang angkasa dan satelit astronomi milik satelit eksperimental ilmiah. Selain itu, ada satelit komunikasi, satelit uji teknologi, dan sebagainya.
Karena berada di luar atmosfer bumi, satelit astronomi tidak terpengaruh oleh berbagai gangguan dan pengaruh atmosfer, dan jauh lebih jelas untuk mengamati benda-benda langit yang jauh. Satelit meteorologi erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat. Satelit meteorologi terutama digunakan untuk mengamati distribusi dan hukum pergerakan atmosfer dan awan, dan untuk melakukan prakiraan cuaca. Mengamati 70% permukaan bumi adalah lautan melalui satelit laut, jsangat berguna untuk mendeteksi pulau, polusi, pasang surut dan informasi lain di lautan. Satelit merupakan sumber daya terutama digunakan untuk mengamati informasi distribusi hutan, gurun, lahan pertanian, desa, kota dan sungai di darat, dan juga dapat digunakan untuk sensus sumber daya, perencanaan kota, pencegahan dan mitigasi bencana, dll. Satelit pengintai militer terutama digunakan untuk mengamati medan perang atau situasi musuh, dan pengintaian target militer pihak lain.
Satelit juga dapat mengunggah peta topografi daerah bencana ke markas besar bantuan bencana, sehingga masyarakat dapat mengetahui situasi spesifik dari bencana tersebut. Selain itu, penggunaan siaran langsung satelit dari lokasi bantuan bencana juga kondusif untuk penilaian dan pengambilan keputusan para komandan. Satelit juga dapat bekerja sama dengan pencari berbasis darat dalam menemukan tanda-tanda vital. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peran satelit dalam penyelamatan akan jauh lebih dari yang kita ketahui.
Pada zaman kuno, orang berkomunikasi satu sama lain dengan menulis surat, dan informasi selalu tertunda untuk waktu yang lama. Hari ini berbeda dengan masa lalu. Sekarang orang nyaman dan cepat untuk berkomunikasi, dan informasi dipertukarkan dengan cepat dan tepat waktu, dan ini semua berkat satelit komunikasi. Satelit komunikasi sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Layanan telepon dan jaringan serta layanan terkait komunikasi kami tidak dapat dipisahkan dari satelit komunikasi. Selain itu, siaran TV yang kita kenal juga dimungkinkan berkat satelit komunikasi.
Seperti keraguan tentang ramalan cuaca, apakah Anda memiliki kebingungan dan rasa ingin tahu yang sama tentang navigasi ponsel kami? Ada begitu banyak jalan di dunia, tersebar dan rumit, bagaimana navigasi secara akurat mendapatkan informasi ini? Sekali lagi, ini berkat satelit buatan yang kami sebut satelit navigasi. Satelit navigasi membuat transportasi kita lebih aman dan efisien, terutama untuk kapal yang berlayar di lautan luas dan pesawat di langit yang luas, satelit navigasi mengarahkan arah untuk mereka.