Puma Berbagi
Dalam kesan tradisional, kecuali singa, kucing-kucing lain hidup menyendiri, meskipun “berpasangan”, mereka hanya hidup bersama sebentar selama masa kawin. Setelah betina hamil, jantan akan pergi tanpa ragu-ragu. Namun, semakin banyak penelitian baru menunjukkan bahwa kucing soliter ini tidak kesepian seperti yang kita kira, dan mereka juga memiliki sistem sosial yang kompleks.
Cougar atau puma adalah kucing besar yang hidup di benua Amerika. Para ilmuwan telah menemukan melalui studi tindak lanjut jangka panjang bahwa Puma sangat pandai bersosialisasi dan memiliki cara sosial mereka sendiri. Secara sederhana, ini adalah sistem sosial yang kompleks dan saling menguntungkan, yang dimanifestasikan sebagai berbagi makanan.
Mark Elbrock, kepala proyek cougar dari Global Wild Cat Research Institute, dan timnya merekam banyak adegan interaksi Puma, di antaranya jumlah Puma tertinggi yang berpartisipasi dalam interaksi mencapai 9. Meskipun laki-laki kurang bersosial daripada perempuan. Tetapi dalam 4 dari 6 insiden ada tiga atau lebih puma, bahwa puma jantan berbagi mangsanya dengan pasangannya, keturunannya, lawan jenis, dan keturunannya.
Berbagi makanan adalah hal biasa bagi puma, dan mereka bahkan telah mengembangkan proses standar untuk ini. Kamera inframerah yang dipasang di Yellowstone Park di Amerika Serikat menangkap gambar seperti itu. Ketika seekor puma menerobos ke dalam situasi makananan puma lain, dia mencoba untuk mendekat terlebih dahulu dan mengamati sikap puma lainnya. Jika tidak ada pengusiran yang jelas, ia akan dengan berani menguji lebih lanjut sampai ia duduk dan makan bersama. Dalam menghadapi penyusup yang gegabah, puma "tuan rumah" tidak langsung pergi, tetapi saling mengamati, dan akhirnya menyetujui perilakunya dan berbagi makanan dengannya.
Menurut kesan kami, mangsa sangat penting bagi pemangsa, dan terkadang mereka memperebutkan mangsanya. Beberapa hewan menyembunyikan mangsanya dari pemangsa lain, tetapi mengapa puma begitu murah hati? Alasannya sangat sederhana, karena dalam pandangan mereka, berbagi makanan dan mengandalkan "makan malam" dapat menyelesaikan masalah yang tidak perlu.
puma adalah pemburu yang efisien, cenderung memangsa mangsa yang lebih besar seperti domba dan rusa. Secara khusus, rusa adalah favorit puma, dan ledakan pertumbuhan rusa di Amerika Utara telah membuat sumber daya rusa sangat kaya. Di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, penduduk di pinggiran kota bahkan secara eksplisit disarankan untuk tidak menanam beberapa tanaman mirip rusa di pekarangan mereka, untuk mencegah rusa datang untuk mencari makan, sehingga menarik puma ganas.
Ukuran puma tidak terlalu besar, dan kebanyakan dari mereka adalah 29-100 kilogram ketika mereka dewasa. Jika seorang penyusup datang pada saat makan, ada dua pilihan: satu adalah mengusir, dan ada kemungkinan lebih besar untuk berkelahi; yang lainnya adalah memilih untuk berbagi makanan dan membagikan kelebihan yang tidak dapat dimakan kepada jenis yang sama.