Sejarah Bunga Mawar
Bunga mawar menjadi magnet tersendiri khususnya untuk kaum wanita. Jenis bunga ini biasa menjadi tanaman hias dihalaman rumah, bunga hias di ruangan rumah dan sebagainya.
Mawar merupakan bunga yang dikenal masyarakat dunia. Keindahan mawar menjadikannya salah satu simbol cinta. Selain itu, mawar menjadi simbol kecantikan, perang sampai politik. Meski mawar tumbuh dalam tangkai yang berduri, orang cenderung suka dengan penampilan bunga mawar. Harumnya mawar membuat orang tertarik.
Mawar ternyata memiliki sejarah panjang dan penuh warna. Mawar, menurut bukti fosil, berumur 35 juta tahun. Selama periode Romawi, mawar tumbuh luas di Timur Tengah. Mereka digunakan sebagai confetti pada perayaan, untuk tujuan pengobatan, dan sebagai sumber parfum. Bangsawan Romawi mendirikan kebun mawar besar di selatan Roma. Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, popularitas mawar tampak naik dan turun tergantung pada tren berkebun saat itu.
Di Amerika Serikat, American Rose Society telah mengklasifikasikan semua mawar menjadi dua kategori utama: mawar taman tua (kadang-kadang disebut mawar antik atau pusaka) dan mawar modern. Mawar tua adalah yang dibudidayakan di kelas yang berbeda sebelum 1867, dan mawar modern kemudian mengikutinya. Tahun 1867 merupakan tahun yang penting dalam sejarah mawar, karena menandai debut mawar teh hibrida. Juni adalah bulan melimpahnya mawar.
Mawar liar terdiri dari lebih dari 100 spesies yang kebanyakan tumbuh dibelahan bumi utar berudara sejuk. Namun saat ini mawar mampu tumbuh baik didaerah yang memiliki iklim tropis, didaerah yang memiliki 4 musim (sub tropis), terdapat pula bukti bahwa mawar pernah tubh di alam liar denga suhu extrim seperti di Alaska dan Norwegia.
Sedangkan budidaya kebun mawar diperkirakan baru dimulai pada 5.000 tahun yang lalu pada peradaban awal manusia di Mesir, Cina, Yunani, Romawi dan Fenisia. Namun, dipercayai bahwa bunga mawar pertama kali berasal dari Asia Tengah pada 60 – 70 juta tahun yang lalu pada periode yang dikenal sebagai zaman Eosen.
Itulah Sejarah Awal Ditemukannya Mawar. Semoga bermanfaat!