Pengetahuan Tentang Laut
Lautan adalah sumber kehidupan, tetapi masih ada perbedaan antara laut dan samudera. Bagian tengah lautan disebut samudra, dan tepinya adalah laut. Luas lautnya sekitar 11% dari lautan, dan kedalaman airnya dangkal, dengan kedalaman rata-rata mulai dari beberapa meter hingga tiga ribu meter. Seberapa banyak yang kamu ketahui tentang laut? Ada banyak pengetahuan kecil yang menarik tentang laut. Mari kita jelajahi bersama!
Dalam kognisi setiap orang, laut secara alami berwarna biru, sama seperti langit berwarna biru dan awan berwarna putih, semuanya adalah produk alam. Tetapi jika Anda perhatikan lebih dekat, Anda dapat melihat bahwa airnya tidak berwarna dan transparan. Alasan mengapa laut terlihat biru dari kejauhan adalah karena kedalaman dasar laut dan volume air laut. Kedalaman laut sangat besar, dan dasar laut tidak memiliki alat penerangan seperti beberapa teknologi di darat, sehingga terkadang dasar laut akan sangat gelap. Saat Anda semakin dekat ke permukaan, bagian bawah menjadi lebih terang dan lebih cerah, menciptakan pemandangan malam yang cerah, seperti langit biru tua. Karena itu, di mata orang, warna lautnya biru. Inilah sebabnya mengapa air laut di tangan dan air laut di botol sama-sama transparan, sedangkan air laut di lautan berwarna biru.
Air laut adalah "kota kelahiran" garam. Pada tahap awal pembentukan bumi, semua benda hidup perlahan-lahan berkecambah, dan di media tempat semua jenis kehidupan bergantung, laut adalah tempat berkembang biak yang sangat baik bagi pertumbuhan kehidupan. Pada periode geologis bumi yang panjang, air permukaan pada awal formasi semuanya air tawar. Karena garam di batuan permukaan terus tergerus oleh air, maka air itu mengandung garam, dan air yang mengandung garam itu terus menerus membentuk sungai dan akhirnya menyatu ke laut. Untuk waktu yang lama, uap air terus menguap dan meninggalkan partikel garam yang semakin menumpuk, dan air laut secara alami menjadi asin. Setelah miliaran tahun berjalan, sebagian besar air laut saat ini sekitar 35% asin.
Lautan mengandung lebih dari 1,35 miliar kilometer kubik air, terhitung sekitar 97% dari total air di bumi, tetapi air yang dapat diminum manusia sangat terbatas. Dan dengan perusakan lingkungan ekologis yang terus menerus, mungkin perlu untuk memecahkan masalah kelangkaan air melalui desalinasi dalam waktu dekat.
Laut juga merupakan mineral cair yang sesungguhnya. Sebagian besar unsur di dunia dapat ditemukan di air laut. Rata-rata, setiap kilometer kubik air laut mengandung 35,7 juta ton mineral. Menurut hasil yang relevan, sumber daya minyak dunia dapat dipulihkan adalah sekitar 300 miliar ton, di mana cadangan dasar laut mencapai 130 miliar ton. Selain minyak bumi, energi baru lainnya yaitu es yang mudah terbakar yang terletak di kedalaman lautan, juga memiliki nilai potensi yang besar dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk berbagai alat transportasi. Saat ini, banyak negara telah merumuskan rencana penambangan dan penggunaan yang sesuai. Mari kita nantikan bersama.