Situs Pengamatan Bintang
Untuk mengambil langit berbintang yang bagus, selain pemilihan peralatan, pemilihan lokasi juga sangat penting. Kita semua tahu bahwa jika lokasi pemotretan tidak dipilih dengan baik, foto langit berbintang yang diambil tidak akan terlalu bagus. Musim gugur, musim dingin, dan musim semi umumnya dianggap sebagai musim terbaik untuk melihat bintang.
Meskipun polusi cahaya meningkat, masih ada beberapa ketinggian langit yang belum terjamah di Bumi yang menawarkan kondisi pengamatan bintang yang menakjubkan. Mari kita lihat beberapa destinasi mengagumkan berikut ini.
1. Selandia Baru
Selandia Baru telah menjadi tujuan pengamatan bintang yang terkenal di dunia karena lingkungan alamnya yang baik dan polusi cahaya yang lebih sedikit. "Cagar Alam Langit Gelap Internasional" Mount Cook berada di area yang sama dengan Danau Tekapo, yang merupakan salah satu dari "Sepuluh Situs Suci Pengamatan Bintang Terbaik di Dunia". Gunung Cook di Pegunungan Alpen Selatan di barat tengah Pulau adalah gunung tertinggi di Selandia Baru, dan memiliki langit malam yang sangat cerah.
2. Taman Hutan Galloway, Inggris
Galloway Forest Park di Skotlandia adalah salah satu dari empat taman malam gelap terbesar di dunia, dan juga merupakan cagar langit gelap tingkat emas di Inggris. Pada siang hari, taman terbalik dengan hutan lebat dan perbukitan. Pada malam hari, itu penuh dengan bintang dan indah dan tenang. Oleh karena itu, taman ini juga telah dianugerahi gelar kehormatan "Taman Malam Gelap" oleh Asosiasi Malam Gelap Internasional dan ditetapkan sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat bintang.
3. Uluru, Australia
"Uluru" adalah batu besar yang berdiri di dataran gurun yang luas di Australia tengah, juga disebut Batu Ayers. Telah terpilih sebagai salah satu dari 50 tempat yang harus dilihat di dunia pada beberapa kesempatan dan merupakan ikon alam Australia yang paling dikenal. Sebagai salah satu tempat pengamatan bintang terbaik di dunia, Uluru tidak memiliki polusi cahaya dan sangat cocok untuk memotret langit berbintang yang luas.
4. Taman Nasional Mogantic, Kanada
Kombinasi sempurna antara pengamatan astronomi dan pariwisata Kanada juga menjadikan Taman Nasional Mogantic satu-satunya daya tarik ilmiah di wilayah Quebec. Di sini, tidak hanya banyak observatorium astronomi, tetapi juga mempublikasikan pengetahuan sains yang populer tentang langit berbintang kepada wisatawan. Dapat dikatakan ketika datang ke Taman Nasional Mogandiq dan mengunjungi taman di malam hari dapat melihat bintang-bintang pasti menjadi hal yang paling penting.
5. Namibia, Afrika
Kawasan lindung di Republik Afrika Namibia ini bisa dibilang permata Afrika. Meskipun Afrika sangat luas dan jarang penduduknya, tidak mudah untuk menemukan tempat yang cocok untuk orang-orang dan paling gelap. Pemandangan alam Namibia benar-benar dapat digambarkan sebagai keindahan yang tak terhingga. Padang rumput dan hewan liar merupakan gambaran yang indah.
6. Skotlandia, Taman Hutan Galloway
Menurut statistik yang tersedia, taman seluas 185.000 hektar ini adalah taman langit gelap pertama di Inggris, dengan lebih dari 7.000 bintang dan beberapa planet yang jauh terlihat dengan mata telanjang. Taman ini memiliki tiga pusat pengunjung, salah satunya menghadap ke danau dan hutan yang mempesona – surga yang sempurna untuk memandangi keajaiban malam.