Jeruk Nipis Untuk Diet
Bukan lagi rahasia jika ada banyak manfaat jeruk nipis yang bisa Anda dapat. Khasiatnya bahan alami itu berasal dari banyaknya nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.
Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kerap ditemui di berbagai daerah. Buah ini kaya akan vitamin C dan air. Selain sebagai pelengkap masakan, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat jeruk nipis yaitu untuk penurunan berat badan atau diet. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bermanfaat dapat meningkatkan metabolisme untuk membakar kalori lebih banyak dan membantu mengurangi lemak di tubuh.
Dilansir dari Honestdocs, sebuah studi yang dipublikasikan Nutrition and Metabolism tahun 2006 menunjukkan bahwa vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis memiliki peranan penting karena selain dapat mendongkrak imun tubuh, nutrisi ini juga dapat membakar lemak ketika seseorang sedang berolahraga. Mengonsumsi jeruk nipis tanpa diimbangi dengan pola hidup sehat, tidak akan mampu membantu menurunkan berat badan.
Berikut ini manfaat-manfaat jeruk nipis untuk diet :
• Menunda Rasa Lapar
Mengonsumsi jeruk nipis dapat membantu program diet Anda. Hal ini dikarenakan jeruk nipis menawarkan kandungan serat larut air dan serat tak larut.
Kedua serat tersebut dapat membantu Anda merasa kenyang tanpa kalori yang berlebihan. Seperti diketahui sebelumnya bahwa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kayak akan serat dapat membantu merasa kenyang lebih lama.
• Membantu Melancarkan Pencernaan
Apabila Anda memiliki masalah pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi air jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat bagi tubuh. Senyawa tersebut dapat meningkatkan produksi enzim yang dibutuhkan tubuh untuk mengurai makanan.
Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis dapat membantu melancarkan pencernaan Anda. Dengan begitu, tubuh tidak akan menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan. Timbunan zat-zat dari sisa makan dapat membuat pinggang dan perut melebar sehingga akan membuat seseorang terlihat lebih gemuk.
• Menurunkan berat badan
Manfaat air jeruk nipis yang pertama adalah cocok dijadikan cara menurunkan berat badan. Bukan tanpa alasan, jeruk nipis hanya mengandung 20 kalori sehingga bisa dimasukkan dalam menu diet. Selain itu, asam sitrat dalam jeruk nipis pun efektif meningkatkan metabolisme tubuh sehingga ada lebih banyak kalori yang terbakar.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang teratur makan pagi, siang dan malam lebih dapat menjaga berat badan idealnya. Mulai sekarang, sebaiknya sarapan lah dengan makanan yang cukup serat dan protein. Makanan tersebut akan membuat Anda merasa kenyang hingga tiba waktu makan siang. Semoga informasi ini bermanfaat!