Tips Pembersihan Harian
Gigi merupakan organ paling keras dalam tubuh manusia. Selain berfungsi untuk menggigit dan mengunyah, mereka juga berfungsi untuk mempertahankan bentuk wajah dan membantu kita dalam mengucapkan kata-kata.
Gigi dapat dibagi menjadi empat jenis: gigi seri, gigi taring, gigi geraham depan dan geraham belakang.'
Membersihkan gigi sangat penting.
Perawatan gigi.
1. Obat kumur.
Faktor-faktor yang mempengaruhi efek: jumlah obat kumur, ukuran keefektifan obat kumur, jumlah frekuensi kumur, sifat obat kumur yang digunakan, dan sebagainya.
Klasifikasi obat kumur yang digunakan: air, air dengan fluoride, metronidazol.
2. Sikat gigi.
Frekuensi: Yang terbaik adalah menyikat gigi sekali setelah makan atau sebelum tidur, setidaknya sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.
Waktu: Sekitar 3 menit setiap kali.
Bagaimana cara menyikat gigi yang benar?
1. Pertama-tama, sikat gigi harus dipegang dengan baik. Yaitu dalam sudut 45 derajat antara gigi dan sikat gigi.
2. Sikat gigi harus ditempatkan dengan lembut di antara gusi dan gigi, dan kemudian diputar untuk menyikat. Semua gigi harus disikat dengan tekanan yang rendah dan lembut.
3. Cara menyikat pada permukaan oklusal gigi relatif sederhana, asalkan kita menggunakan cara yang biasa kita gunakan, dan sudut antara sikat gigi dengan gigi adalah 90 derajat saat menyikat.
4. Pegang sikat gigi dengan tegak, sikat gigi bagian depan dengan ringan menggunakan sikat gigi, sikat gigi atas dari atas ke bawah, dan sikat gigi bawah dari bawah ke atas.
5. Banyak orang yang mengabaikan kebersihan lidah. Faktanya, menyikat lidah secara ringan setelah menyikat gigi dapat secara efektif menghilangkan sisa-sisa makanan, mengurangi bakteri, dan membantu mencegah bau mulut.
Seberapa sering kita harus mengganti sikat gigi?
Sikat gigi berbahan plastik harus diganti setelah 1-2 bulan masa penggunaan dan sikat gigi yang digunakan hewan harus diganti setelah masa penggunaan maksimum 1 bulan.
Jika sikat gigi yang digunakan memiliki masalah seperti perubahan bentuk atau bulu sikat gigi yang melengkung, ini menunjukkan bahwa sikat gigi itu tidak dapat lagi digunakan untuk menyikat gigi, dan sebaiknya segera diganti untuk menghindari kerusakan pada dinding atau rongga mulut.
Tips membeli sikat gigi.
Panjang kepala sikat gigi harus sekitar 2,5 sampai 3 cm dengan lebar sekiranya 0,8 sampai 1 cm. Memiliki 2 sampai 4 baris bulu, dengan 5 sampai 12 bulu di setiap barisnya, dan ujung depan kepala sikat gigi bulat.
Kekerasan bulu pada sikat gigi, umumnya dapat dibagi menjadi tiga jenis: lembut, netral dan keras. Umumnya, sikat gigi dengan kekerasan netral lebih cocok karena tidak terlalu keras atau terlalu lembut.
Sudut antara kepala sikat dan gagang sikat ada dua jenis: lurus dan melengkung. Sikat gigi lurus lebih kuat saat digunakan, sedangkan sikat gigi yang melengkung lebih baik digunakan untuk membersihkan gigi belakang. Sikat gigi dengan sudut 17 sampai 20 derajat disimpulkan menjadi sikat gigi yang pas untuk digunakan.
Jika kamu tidak menyikat gigi, kamu dapat meninggalkan sisa-sisa makanan di mulutmu. Apalagi di celah-celah atau gigi berlubang, jika terdapat sisa-sisa makanan yang tidak bisa disikat dalam waktu lama, bakteri dapat memfermentasi sisa makanan dan menyebabkan demineralisasi dan kerusakan gigi.
Selain itu, jika sisa makanan tetap berada di mulut, selain kemungkinan kerusakan gigi, juga akan menghasilkan beberapa bau khas, yang selanjutnya memperburuk kebersihan mulut.
Jadi, pastikan untuk menyikat gigi tepat waktu~