Kincir Ria Tertinggi
Pada tahun 1893, George W. Ferris membangun kincir ria pertama di dunia untuk Pameran Kolumbia Dunia di Chicago, yang bertujuan untuk menyaingi Menara Eiffel di ketinggian 80,4 meter, dengan 36 kokpitnya itu menjadi hiburan lokal yang populer.
Namun, beberapa bulan setelah pameran, pada April 1894, bianglala pertama di dunia ditutup. Saat itulah perlombaan untuk bianglala terbesar di dunia dimulai. Setelah lebih dari 100 tahun pengembangan, ketinggian kincir ria telah berevolusi dari 80 meter di masa awal menjadi 250 meter saat ini, dan juga berkembang dari Eropa hingga saat ini di seluruh dunia. Artikel ini akan memberi tahu Anda tentang kincir ria tertinggi di dunia.
1. Ain Dubai (Dubai, Uni Emirat Arab)
Tinggi: 250 meter
Meskipun Ain Dubai adalah bianglala terbesar di dunia, yang belum dibuka untuk umum. Awalnya dijadwalkan untuk dibuka selama Dubai World Expo pada tahun 2020, namun, karena dampak epidemi, pembukaan Ain Dubai tidak terlihat. Kincir ria terbesar di dunia, awalnya bernama "The Eye of Dubai", terletak di sebuah pulau air biru buatan manusia di Dubai dengan ketinggian 250 meter, dan kemudian berganti nama menjadi Ain Dubai. Bagian bawah Ain Dubai akan digunakan sebagai area hiburan, dengan 48 kokpit akan menawarkan pemandangan Dubai Marina dan landmark Dubai lainnya yang luas.
2. Kincir Ria High Roller (Las Vegas, AS)
Tinggi: 167,6 meter
High Roller Ferris Wheel di Las Vegas, AS memiliki tinggi 167,6 meter dan diameter 158,5 meter, menjadikannya bianglala terbesar kedua di dunia. Kincir ria menyambut penumpang pertamanya pada Maret 2014. Meskipun rencana awal Kincir Ria High Roller adalah memiliki 32 kabin, akhirnya hanya 28 kabin, masing-masing berkapasitas 40 orang. Roda berputar pada sepasang bantalan bola yang dirancang khusus. Berkendara 30 menit menawarkan pemandangan 360 derajat Las Vegas Strip dan Las Vegas Valley.
3. Singapura Flyer (Singapura)
Tinggi: 165 meter
Singapore Flyer adalah salah satu landmark Singapura yang terletak di pusat kota Singapura. Meskipun bukan lagi bianglala terbesar di dunia, ini masih yang terbesar di Asia. Dibuka untuk umum pada Maret 2008, Singapore Flyer memiliki 28 kabin ber-AC, masing-masing mampu mengangkut 28 penumpang. Sejak dibuka, Singapore Flyer menghadapi beberapa gangguan karena masalah teknis. Pada tahun 2008, 173 orang terdampar selama enam jam karena korsleting di ruang kontrol dan kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran.
4. Mata London (London, Inggris)
Tinggi: 135 meter
Salah satu landmark London, London Eye, juga merupakan salah satu tempat wisata berbayar paling populer di London. Dengan tinggi 135 meter dan diameter 120 meter, itu adalah kincir ria tertinggi di dunia ketika dibuka pada tahun 2000, tetapi setelah itu telah dilampaui oleh kincir ria lain yang lebih besar. Namun, operatornya masih menyebutnya sebagai "roda observasi kantilever tertinggi di dunia". London Eye awalnya hanya dimaksudkan untuk ada selama sekitar lima tahun, tetapi operator telah mengajukan aplikasi untuk status permanen yang disetujui oleh dewan. London Eye memiliki total 32 kompartemen penumpang berbentuk oval. Setiap kabin penumpang ber-AC dapat menampung hingga 25 orang. Roulette dapat menyelesaikan putaran dalam 30 menit, dan meskipun tidak berhenti untuk menyapa penumpang, rolet berputar cukup lambat untuk membuat penumpang naik dan turun.
5. Sky Dream (Taichung, Taiwan)
Tinggi: 126 meter
The Sky Dream Ferris Wheel di Taichung, Taiwan dibuka pada tahun 2017 dan memiliki tinggi 126 meter. Kincir ria terletak di Lihpao Land dan menarik banyak wisatawan. Suku cadang untuk raksasa ini dibeli dari Jepang dan dikirim 13 kali sebelum dikirim keluar. Sky Dream memiliki total 60 kokpit, masing-masing dapat menampung 8 orang, dan membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk sekali memutar.