Kenapa Lautnya Biru
Laut adalah tempat yang dirindukan banyak orang, karena ia terlihat begitu biru dan indah. Tapi tahukah Anda mengapa dia berwarna biru?
Alasan mengapa laut tampak biru adalah karena aksi sinar matahari. Sinar matahari terdiri dari tujuh warna: merah, oranye, kuning, hijau, cyan, biru, dan ungu. Panjang gelombang cahaya yang lebih panjang di dalamnya lebih mudah ditransmisikan ke air laut dan mudah diserap oleh air laut atau biota laut. Sebagian besar panjang gelombang pendek dipantulkan dan dihamburkan dan gagal masuk ke air laut.
Warna air berubah dengan lingkungan sekitar air. Elemen terlarut atau kotoran tersuspensi dalam air dapat menyebabkan air menghasilkan warna yang berbeda. Biasanya, air yang kita lihat tampaknya tidak berwarna dan transparan, karena jumlah airnya relatif kecil, dan molekul air yang membentuk air menyerap terlalu sedikit cahaya tampak, yang dapat diabaikan. Oleh karena itu, hampir semua cahaya tampak menembus air, dan air secara alami menjadi transparan bagi mata kita.
Jadi, ketika air murni mencapai kedalaman tertentu, itu akan tampak biru, dan semakin dalam air, semakin biru, seperti balok es besar di lautan dan gletser. Ketika cahaya menembus air laut dalam atau es, semakin banyak cahaya merah yang hilang di sepanjang jalan. Ketika mencapai kedalaman beberapa meter, sebagian besar cahaya merah telah dikonsumsi, sedangkan cahaya biru dapat menembus sangat jauh. Sebelum diserap sepenuhnya, cahaya biru bebas berhamburan dan memantul, dan sebagian akhirnya kembali ke permukaan air laut atau es, menyinari cahaya biru ke mata kita.
Cahaya biru sendiri merupakan jenis cahaya yang baik untuk tubuh manusia. Ini dapat membantu tubuh untuk mengatur jam biologis, sehingga meningkatkan siklus tidur, tetapi jika digunakan secara tidak benar, dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Saat ini banyak sumber cahaya biru, seperti lampu LED, komputer, ponsel, dll. Panjang gelombang cahaya biru relatif pendek dan energinya relatif tinggi, yang akan memperparah gejala mata lelah dan kering, bahkan menyebabkan kerusakan pada fundus, jadi Anda harus memakai kacamata anti cahaya biru. Pada saat yang sama, hindari melihat langsung ke sumber cahaya LED untuk waktu yang lama, seperti ponsel atau komputer.
Selain cahaya biru, sinar ultraviolet, laser, dll memiliki tingkat kerusakan yang berbeda pada mata manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kita perlu memperhatikan hal-hal berikut:
1. Hindari tinggal di luar ruangan untuk waktu yang lama selama periode puncak radiasi ultraviolet untuk mengurangi paparan sinar matahari yang berlebihan. Waktu kelebihan UV umumnya mengacu pada pukul 11:00 hingga 14:00.
2. Perhatikan kerusakan UV yang disebabkan oleh cahaya yang dipantulkan dari permukaan air, pantai, permukaan jalan, dll selama aktivitas di luar ruangan.
3. Saat keluar rumah di bawah terik matahari atau berkendara, sebaiknya gunakan lensa pelindung UV yang dapat melindungi UVA dan UVB untuk melindungi mata Anda. Kacamata hitam, menurut prinsip optik, warna lensa lebih disukai coklat tua atau hijau tua.