Kebun Teh Darjeeling
Dari semua surga di India, Darjeeling adalah salah satu yang paling indah yang ditawarkan negara ini. Sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, secangkir teh Darjeeling memiliki aroma dan rasa yang menggoda.
Perkebunan teh Darjeeling sedang booming. Perkebunan teh ini tidak hanya dikenal sebagai penghasil teh terbaik di dunia, tetapi juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan serta fantastis.
Berikut adalah 5 perkebunan teh Darjeeling yang paling menawan dan indah yang harus kamu kunjungi setidaknya satu kali seumur hidup.
1. Kebun Teh Puttabong
Salah satu kebun teh terbesar di Darjeeling, Kebun Teh Puttapong adalah taman megah yang menghadap ke pemandangan Gancheng Junga, sebuah gunung yang tertutup salju.
Kebun teh ini terletak sekitar 1500-6500 kaki di atas permukaan laut dan juga diyakini sebagai perkebunan teh pertama dalam sejarah teh Darjeeling yang kompleks. Selain itu, kebun ini juga merupakan perkebunan teh pertama yang menggunakan mesin pemangkas mekanis dan perdagangan komersial.
Kebun ini ditanami klon Darjeeling, semak Chinary dan pohon teh kloning, yang dikembangkan khusus untuk memenuhi kondisi agroklimat wilayah tersebut. Hal yang membedakan perkebunan ini dari yang lain adalah produksi kebunnya yang berlangsung untuk jangka waktu yang cukup panjang.
Kebun ini memiliki pabrik pengomposan cacing yang besar, peternakan sapi dan pusat produksi pupuk cair yang terbuat dari tumbuhan lokal. Terkenal dengan teh musk ringan yang dicampur menggunakn tangan dan teh perak, perkebunan teh ini benar-benar sangat menarik perhatian pecinta teh mana pun.
2. Kebun Teh Glenburn
Perkebunan teh Glenburn adalah perkebunan kecil surgawi yang terletak di sebuah bukit di tepi Sungai Rangit, didirikan oleh orang Skotlandia pada tahun 1859. Kemudian, kekuasaannya diserahkan kepada keluarga pionir teh, keluarga Prakash.
Bagi para wisatawan, perkebunan teh ini tak kalah dengan kunjungan ke kebun anggur di Eropa. Pemilik kebun teh ini bersikeras untuk menyediakan pengalaman sensorik yang menyeluruh bagi para pengunjung, memungkinkan mereka untuk tidak hanya dapat menyesap teh di alam lepas, tetapi juga untuk tinggal di vila mereka yang mewah.
Mereka juga menyediakan banyak wisata sejarah, makanan lezat dan perjalanan yang tenang. Selain itu, pengunjung dapat menyaksikan keseluruhan proses pengolahan daun teh dan lebih memahami bagaimana daun teh dibuat untuk membuat secangkir teh yang paling sempurna.
Kebun teh Glenburn dikenal karena memproduksi beberapa teh Darjeeling hitam dan hijau terbaik dengan aroma bunga alami dan rasa malt.
3. Kebun Teh Makaibari
Perkebunan Teh Makaibari memiliki beberapa daun teh terbaik di dunia dan mewakili perkebunan teh organik khas Darjeeling. Perkebunan teh ini telah dikelola oleh keluarga Banerjee selama lebih dari empat generasi sejak didirikan pada tahun 1859 oleh g.c.
Keluarga Banerjee dan juga dikenal karena memiliki pabrik teh pertama di dunia. Kecuali teh yang ditanam secara organik. Kebun Teh Makaibari dikenal karena nilainya dalam mengasrikan lingkungan untuk jangka yang panjang. Keluarga Banerjee telah mendedikasikan hidup mereka untuk melindungi, memperbaiki tanah dan meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang bekerja di sana.
Kebun ini adalah satu-satunya kebun teh organik di mana pohon teh tumbuh selaras dengan hutan hujan subtropis yang masih asli. Hal ini disebabkan oleh praktik biodinamik/permakultur perkebunan.
Jika kamu adalah seorang pecinta teh organik dan percaya pada praktik jangka panjang, maka datang dan kunjungi perkebunan teh Darjeeling ini dan cicipi teh putih mutiara organik mereka yang terkenal.
4. Kebun Teh Gopaldhara
Didirikan pada tahun 1955, perkebunan teh Gopaldhara adalah puncak dari teh Darjeeling terbaik. Perkebunan Teh Darjeeling ini tidak hanya memproduksi teh berkualitas tinggi, tetapi juga menjual dan mendistribusikan teh berkualitas tinggi.
Kebun teh ini memiliki luas 320 hektar, di mana 172 hektar telah ditanami pohon teh berkualitas tinggi. Perkebunan Teh Gopaldhara juga dikenal untuk memproduksi teh buatan tangan berkualitas tinggi seperti Teh Mutiara, Stupa, Obor Olimpiade, Silver Needle dan banyak lagi.
Terletak di jantung Lembah Mirik, perkebunan ini adalah salah satu perkebunan teh tertinggi, yang memiliki ketinggian sekitar 5.500 kaki dan 7.000 kaki dari permukaan tanah. Perkebunan teh Darjeeling ini wajib dikunjungi bagi mereka yang menyukai inovasi dalam produksi teh.
Yang paling terkenal di kebun ini adalah teh seduhan pertama dan kedua mereka dan teh seduhan pertama terbaik mereka adalah Maharani di Darjeeling.
5. Kebun Teh Okayti
Didirikan pada tahun 1870-an, perkebunan teh Okayti adalah salah satu pabrik produksi teh tertua di wilayah ini, yang juga dikenal sebagai perkebunan teh Rangdoo dan terletak di Lembah Mirik.
Zat yang sangat seimbang, membuat teh Okayti dikenal karena memiliki rasa buah kering dan kacang-kacangan. Perkebunan teh Darjeeling ini terkenal dengan teh hitamnya yang otentik, teh hijau yang spesial dan teh putih.
Pesona mencicipi secangkir teh Darjeeling otentik di perkebunan teh Darjeeling ini sambil menikmati pemandangan pegunungan Gancheng yang bersalju menjadi pesonanya tersendiri.
Kunjungan ke lembah hijau Darjeeling yang luas adalah suatu keharusan bagi setiap pecinta teh. Stasiun bukit yang indah ini tidak hanya memiliki teh Darjeeling, tetapi juga banyak budaya lokal, monumen-monumen besar, pemandangan bersejarah, dan pasar kecil yang menarik.