Manfaat Mendaki
Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan mempertahankannya, Anda tahu bahwa olahraga harus menjadi bagian penting dari rutinitas harian Anda. Tetapi manfaat aktivitas fisik jauh melampaui kebugaran fisik.
Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur juga dapat meningkatkan aspek kesehatan lainnya, termasuk fungsi kognitif dan kesejahteraan emosional.
Latihan kebugaran yang teratur telah terbukti memiliki manfaat kesehatan yang positif, olahraga juga dikaitkan dengan kesehatan otak dan kesehatan emosional yang lebih baik, dan olahraga dapat membantu memperpanjang hidup bahkan tanpa menurunkan berat badan.
Meskipun mendaki gunung adalah olahraga kesehatan yang sangat baik, namun tidak cocok untuk semua orang. Sebelum mendaki gunung, Anda harus mengetahui kondisi fisik Anda saat ini dan apakah cocok untuk mendaki gunung. Beberapa pasien dengan penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular, osteoarthritis, diabetes, dll tidak cocok untuk mendaki gunung. Jika Anda memiliki penyakit, sebaiknya tanyakan kepada dokter sebelum mendaki gunung untuk melihat apakah kondisi fisik Anda saat ini cocok untuk mendaki. Jika Anda mendapatkan jawaban negatif, jangan pergi.
Mendaki gunung berbeda dengan lari. Lingkungan lari adalah tunggal, sedangkan lingkungan pendakian gunung lebih kompleks. Oleh karena itu, peralatan untuk mendaki gunung harus disiapkan. Anda tidak bisa memakai sepatu biasa dan pakaian biasa untuk mendaki gunung.
Mendaki gunung harus mengenakan pakaian olahraga luar ruangan profesional, yang memungkinkan Anda dapat bernapas dengan leluasa dan memiliki kehangatan tertentu. Sepatu mendaki gunung harus tidak licin, dan ukurannya harus sesuai. Anda tidak bisa memakainya jika ukuran sepatu terlalu besar dan tidak nyaman, yang nantinya juga akan mempengaruhi proses pendakian gunung. Selain pakaian dan sepatu, Anda juga harus membawa tas yang berisi air, makanan, obat-obatan akut, plester, GPS, dll. di dalam tas. Semua ini harus disiapkan.
Sebelum mendaki gunung, Anda harus melakukan latihan pemanasan di kaki gunung untuk menghangatkan seluruh tubuh agar tidak cedera saat mendaki gunung. Latihan pemanasan harus rinci untuk setiap sendi dan setiap otot.Lagi pula, mendaki gunung bukanlah latihan jangka pendek, dan kadang-kadang bahkan bisa mendaki selama beberapa jam. Jika Anda tidak melakukan latihan pemanasan dan mulai mendaki ketika Anda datang, kecelakaan rentan terjadi dalam perjalanan ke gunung, seperti kaki terkilir atau ketegangan otot.
Meski mendaki gunung membutuhkan perhatian lebih, namun sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Pertama-tama, latihan mendaki gunung dapat meningkatkan distribusi aliran darah miokardium, sehingga kemampuan miokardium untuk menggunakan oksigen meningkat, sehingga mencapai tujuan pencegahan penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular.
Kedua, mendaki gunung dapat meningkatkan suplai darah ke otak, mengurangi kelelahan dan ketegangan mental sistem saraf, serta meningkatkan kualitas tidur. Jika sering berpartisipasi dalam olahraga mendaki gunung, manfaat yang di dapatkan adalah meningkatkan konsumsi energi dan dengan demikian meningkatkan nafsu makan. Fungsi sistem pencernaan ditingkatkan, peristaltik saluran pencernaan diperkuat, sekresi jus pencernaan meningkat, dan penyerapan nutrisi juga meningkat.