Manfaat Bunga Mawar
Selain dikenal dengan keindahannya, bunga mawar juga memiliki berbagai kegunaan. Bunga yang sangat mudah ditemukan di Indonesia ini kerap kali dijadikan sebagai tanaman hias, dekorasi berbagai acara, hingga kado spesial untuk orang terkasih.
Seduhan bunga mawar atau teh bunga mawar mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, dalam berbagai kebudayaan di dunia, jenis seduhan ini telah digunakan dalam dunia pengobatan herbal selama ribuan tahun. Berikut khasiat bunga mawar bagi kesehatan dan kecantikan :
• Bahan Utama Pembuatan Minyak Asiri
Minyak asiri dari mawar mengandung geraniol dan limonene. Minyak tersebut berfungsi sebagai antiseptik, penghilang keputihan dan penambah daya tahan tubuh manusia.
• Mencegah demensia dan Alzheimer
Bunga mawar dapat menghambat kerja protein yang disebut amyloid. Kehadiran protein ini dapat mengganggu kerja otak, membunuh sel-sel otak, dan mengurangi kemampuan Anda untuk mengingat, yang akhirnya berakhir menjadi penderita demensia atau Alzheimer.
• Menyehatkan mata
Bunga mawar yang sudah diolah menjadi air mawar juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat tetes mata alami.Bukan main-main, tetes mata dari air mawar ini dapat membantu proses penyembuhan beberapa penyakit mata, seperti konjungtivitis (mata merah) dan mata kering, serta membantu penyembuhan pascaoperasi penyakit mata dan degeneratif, seperti katarak dan pterygium atau pinguecula.
• Obat Jerawat Alami
Salah satu khasiat bunga mawar yaitu sebagai obat jerawat alami. Nah informasi ini pastinya akan sangat bermanfaat khususnya bila kulit kamu mengalami masalah kulit ini. Cara mengatasi masalah kulit berjerawat bisa dengan memanfaatkan air mawar lho! Kegunaan air mawar sebagai obat jerawat sudah sering dibahas dalam dunia kecantikan. Hal ini dikarenakan kelopak bunga mawar memiliki sifat antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat dengan cepat. Selain itu, terdapat etanol fenil atau senyawa antiseptik yang mampu mencegah jerawat untuk tumbuh di kulit.
• Menurunkan berat badan
Manfaat lain teh bunga mawar untuk kesehatan adalah membantu menurunkan berat badan. Bunga mawar memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Konsumsi teh bunga mawar satu cangkir atau lebih per hari dapat berkontribusi secara signifikan terhadap total asupan air.
• Aromaterapi
Bunga mawar yang harumnya serbak mewangi ini ternyata dapat dijadikan aromaterapi untuk menenangkan pikiran serta untuk meningkatkan daya mood.
• Mencerahkan Warna Bibir
Kamu bisa memanfaatkan bunga mawar untuk mencerahkan warna bibir yang gelap.Caranya yaitu dengan membuat pasta dari kelopak bunga mawar segar yang dicampur dengan beberapa tetes madu dan satu sendok susu krim. Setelah pasta jadi, oleskan di bibirmu dan diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air. Tidak hanya akan memberikan kesan merah merona, bibir kamu pun akan semakin lembab karena khasiat bunga mawar yang juga sebagai pelembab alami.
• Meningkatkan Sistem Imun
Kandungan antioksidan yang tinggi pada dasarnya dapat membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Karena mengandung senyawa ini, maka khasiat bunga mawar pun dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kamu akan mampu melawan virus dan bakteri yang berbahaya. Antioksidan juga membantu melawan radikal bebas dan mencegah timbulnya infeksi tubuh. Selain antioksidan, bunga mawar juga mengandung vitamin C sehingga bisa menjadi alternatif untuk menjaga tubuh kamu agar tetap sehat dan fit.