Rangkaian Bunga
Rangkaian bunga atau yang biasa disebut buket adalah kumpulan beberapa jenis bunga dan dedaunan yang disusun dalam bentuk yang kreatif. Karangan bunga dapat di rangkai untuk kebutuhan dekorasi rumah ataupun umum.
Selama berabad-abad rangkaian bunga masih tetap menjadi suatu keindahan bagi setiap orang untuk dinikmati.Bentuk paling awal dari rangkaian bunga dimulai dari daerah Mesir kuno pada tahun 2500 SM, Catatan sejarah menunjukkan bahwa orang Mesir kuno menempatkan bunga dalam vas. Selain itu, rangkaian bunga merupakan komponen penting dari budaya mereka, dan rangkaiannya sangat beragam.
Rangkaian bunga diklasifikasikan berdasarkan bentuk dan modelnya seperti seikat bunga, rangkaian sabit, dan rangkaian bertingkat. Karangan bunga sering diberikan untuk acara-acara khusus seperti pernikahan, ulang tahun atau hari peringatan. Rangkaian bunga juga dapat diletakkan dalam vas atau pot untuk dekorasi rumah baik dalam gaya tradisional atau modern. Simbolisme atau arti rangkaian bunga akan bergantung pada jenis bunga yang digunakan dan budaya masyarakat setempat.
Rangkaian bunga yang indah memang tidak ada habisnya. Rangkaian bunga dengan berbagai bentuk dan aksesorisnya menjadi pemanis keadaan bahagia maupun berduka. Namun, sudah tahukah Anda bahwa terdapat sekian banyak jenis rangkaian bunga yang pemakainya juga berbeda – beda ? berikut beberapa jenis rangkaian bunga dan penggunaannya.
1. Bunga Tangan (Hand Bouquet)
Perempuan paling suka diberikan bunga tangan oleh kekasih maupun orang terdekat. Selain menjadi hadiah yang tidak banyak diberikan saat seseorang berulang tahun maupun untuk merayakan hari kasih saying, bunga tangan pun sangat luat pemanfaatannya.
Anda mungkin sering menghadiri resepsi pernikahan yang di akhir acara dimana kedua mempelai melempar hand bouquet untuk mendoakan semua bujang dan gadis agar selanjutnya cepat menikah. Rangkaian bunga tangan juga banyak diberikan untuk sahabat yang baru saja wisuda.
Biasanya ukuran bunga tangan ini tidak terlalu besar, terdiri dari belasan sampai puluhan bunga dengan warna sama serta dedaunan yang dirangkai dengan rapi menggunakan pembungkus dengan warna yang sama. Siapapun pasti akan suka menerima hadiah rangkaian bunga tangan.
2. Rangkaian Bunga Papan
Papan berukuran 1 sampai 2 meter dengan hiasan rangkaian bunga di sekelilingnya dan perkataan di tengahnya ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Rangkaian bunga papan ini memang cukup popular untuk diberikan saat seseorang menikah, ketika seorang pebisnis membuka kantor cabang baru, atau bahkan sebagai tanda duka cita orang yang telah pergi atau meninggal.
Pernahkah Anda memperhatikan warna papan rangkaian bunga menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Untuk perayaan, papan bunga biasanya berwarna cerah seperti merah dan oranye, tetapi untuk mengungkapkan duka cita, biasanya warnanya lebih gelap seperti hitam dan biru.
3. Rangkaian Bunga Meja
Lain lagi halnya dengan rangkaian bunga yang digunakan untuk memperindah meja. Biasanya rangkaian ini ditaruh di meja makan untuk memperhangat suasana makan malam. Bunga ditaruh di dalam vas atau pot kecil yang dipenuhi air sehingga terjaga kesegarannya. Tidak hanya untuk meja makan, meja kerja pun bisa dihias dengan rangkaian bunga, tapi tentunya dengan jumlah bunga yang lebih sedikit dan dapat dihitung jari. Bunga di atas meja memang terbukti dapat mendinginkan pikiran sehingga lebih focus saat bekerja.
4. Rangkaian Bunga Standing
Rangkaian bunga yang satu ini, biasanya banyak ditemukan di sepanjang karpet merah mengarah menuju pelaminan. Rangkaian bunga berdiri yang ditahan oleh pot atau besi – besian yang setinggi manusia. Rangkaian bunga standing menambah meriah keadaan dan menjadi bahan yang harus ada di pesta pernikahan.
Jika Anda menyukai artikel ini, jangan lupa untuk meneruskannya ke teman Anda yang menyukai rangkaian bunga.