Jenis Tanaman Semak
Tanaman semak biasa disebut sebagai tanaman perdu dikarenakan bentuknya beragam.
Tumbuhan semak memiliki ciri khas bercabang dan tumbuh dekat dengan permukaan tanah. Tanaman hias satu ini cenderung merumpun, membentuk semak-semak dengan banyak ranting di dalamnya. Inilah mengapa tanaman semak sering digunakan sebagai penghias pagar maupun sebagai tanaman merambat yang dapat menghiasi pekarangan rumah. Tanaman semak sendiri memiliki berbagai model yang cantik. Seperti tanaman semak hijau yang memberikan kesegaran dalam keseharian maupun semak berbunga dengan warna musiman yang dapat membuat halaman lebih berwarna. Ketertarikan dari jenis satu ini memang sangat beragam dengan pilihan yang dapat disesuaikan.
Berikut ini jenis tanaman semak:
1. Semak Privet
Untuk kamu yang senang dengan tumbuhan semak, privet bisa menjadi alternatif pertama. Privet dapat tumbuh dengan cepat dan lebat pada udara tropis. Ciri khasnya kuat dengan daun tegak berwarna hijau dan bunga putih. Banyak pula dari para penghuni yang menjadikannya tanaman pagar selain menjadi tanaman penghias pekarangan. Jenis tanaman kebun ini, akan bertahan lama bila Pins rawat dengan baik. Seperti menyiram, memberi pupuk dan memotongnya secara teratur.
2. Tansy
Tansy atau dikenal juga dengan bunga kancing adalah tanaman semak yang bisa Moms pilih sebagai hiasan rumah. Tanaman ini memiliki ciri khas batang yang kokoh dan dan daun mirip pakis. Selain indah, tanaman ini juga cukup mudah perawatannya. Tanaman ini tahan terhadap segala jenis cuaca, baik panas atau dingin. Untuk itu, jangan heran kalau Moms bisa melihat tanaman ini di berbagai daerah.
3. Bunga Pukul Empat
Bunga pukul empat ini merupakan jenis tanaman perdu yang berasal dari Peru, Amerika Selatan. Bunga pukul empat ini biasa dikenal dengan sebutan Mirabilis Jalapa atau Four O’clock, Sweet Marvel of Peru. Disebut bunga pukul empat karena karakter bunga ini yang mekar sempurna pada pukul empat sore dan akan kembali kuncup ketika fajar. Jenis tanaman semak hias ini memiiki banyak warna-warna indah dan mencolok seperti merah, kuning, putih dan ungu.
4. Tanaman Philodendron
Tanaman philodendron merupakan jenis tanaman semak yang sering juga disebut sebagai bunga daun karena bentuk daunnya yang indah. Tanaman ini sangat cocok untuk menghiasi area rumah yang sempit. Biasanya jenis tanaman perdu ini diletakkan di dalam pot di sekitar depan pintu rumah.
. Bunga Merah Asoka
Melihat tanaman satu ini membuat pandangan semakin cerah. Bunga asoka dengan nama ilmiah Ixora coccinea mempunyai ciri khas bunga berwarna merah merona dengan daun berwarna hijau pucat. Inilah mengapa dari kejauhan tanaman ini akan terlihat amat terang diantara dedaunan pucatnya. Tidak heran bunga satu ini sering disebut sebagai flame of the wood atau api hutan. Bunga ini seperti menyala sebagai lampu dalam hutan. Namun, bunga satu ini pun memiliki khasiat yang tidak kalah dengan privet, yaitu mengobati memar, melancarkan haid hingga mengobati gejala disentri.
6. Tanaman Mirten
Mirten adalah tanaman bonsai yang populer dijadikan tanaman semak hias. Bunga kecil-kecil yang tumbuh dari tanaman ini sangat menggemaskan berwarna putih dengan beberapa corak berwarna kuning. Tanaman mirten yang mempunyai nama latin Malphigia Caccigera ini bisa tumbuh mudah di pot tanpa memerlukan perawatan khusus lho Pins! Batangnya tidak besar dengan ranting kecil yang menopang bunganya.
Nah itu dia jenis tanaman semak. Semoga bermanfaat!