Kapal Antartika
Penguin adalah makhluk yang kita semua kenal. Mereka tinggal di daerah kutub yang sangat dingin dan disebut "perahu Antartika". Saat ini, banyak spesies penguin hidup di wilayah Antartika, sedangkan di wilayah Arktik, tidak ada keberadaan penguin.
Namun, tidak adanya penguin di Kutub Utara hanya mengacu pada situasi saat ini. Ada juga seekor penguin yang disebut "Penguin Arktik Besar" yang hidup di Kutub Utara, tetapi sekarang sudah punah. Di satu sisi, kepunahannya disebabkan oleh perbedaan iklim dan lingkungan Arktik, dan di sisi lain, ada beruang kutub di wilayah Arktik, yang akan menggunakan penguin sebagai makanan.
Penguin adalah burung, tetapi mereka istimewa karena mereka tidak pandai terbang, tetapi mereka sangat pandai berenang. Penguin memiliki karakteristik burung yang jelas, seperti lapisan bulu hangat di permukaan tubuh, tubuh dapat mempertahankan suhu yang konstan, dan mereka semua berkembang biak dengan ovipar, dan alasan mengapa penguin berenang terutama untuk beradaptasi dengan alam dan menangkap makanan untuk bertahan hidup.
Sebagian besar penguin yang kita lihat ada di TV. Jika kita perhatikan lebih dekat, kita akan menemukan bahwa penguin memiliki dua sayap kecil di kedua sisi tubuhnya. Kaki depan mereka mirip dengan sirip ikan, sehingga mereka dapat berenang bebas di laut, dan dapat menyelam ke dasar laut untuk berburu makanan dan memastikan kebutuhan hidup normal.
Penguin memakan zooplankton laut, terutama krill Antartika, dan terkadang beberapa cumi-cumi dan ikan kecil. Penguin memiliki nafsu makan yang baik, dan setiap penguin dapat makan rata-rata 0,75 kg makanan per hari. Oleh karena itu, penguin berperan penting dalam rantai makanan Samudra Selatan sebagai predator. Krill yang dimakan penguin di Antartika setara dengan setengah jumlah krill yang dimakan paus.
Penguin suka hidup berkelompok. Ada ribuan, puluhan ribu, dan bahkan lebih dari 100.000 hingga 200.000 dalam satu kelompok. Di rak es benua Antartika, atau di gunung es dan es yang mengapung di Samudra Selatan, orang dapat melihat gerombolan penguin berkumpul. Terkadang mereka berbaris rapi, menghadap ke satu arah, seperti penjaga kehormatan yang terlatih.
Karena penampilannya yang lucu, penguin disukai oleh banyak orang saat mereka berjalan dan bergoyang, tetapi sebenarnya ada banyak hal yang tidak Anda ketahui tentang mereka. Meskipun mereka berjalan lambat, mereka berenang sangat cepat. Mari kita lihat mereka secara detail.
1. Berenang dengan cepat
Kecepatan berenang penguin sangat menakjubkan. Kecepatan berenang penguin dewasa adalah 20 hingga 30 kilometer per jam, yang lebih cepat dari kecepatan kapal 10.000 ton, dan bahkan dapat melampaui kapal penangkap ikan paus tercepat. Kemampuan menyelam penguin sebanding dengan juara dunia menyelam, ia bisa melompat keluar dari air setinggi lebih dari 2 meter. Oleh karena itu, penguin dapat disebut sebagai perenang dan ahli menyelam yang sangat baik.
2. Penguin tidak memiliki gigi
Karena penguin adalah burung, penguin tidak memiliki gigi. Penguin memiliki duri di lidah dan rahang atas untuk memakan ikan dan udang, tetapi ini bukan giginya. Seekor penguin membutuhkan duri berdaging ini di lidahnya untuk membantunya berpegangan pada mangsa yang berjuang. Memancing sangat penting bagi penguin, sehingga langit-langit dan lidah mereka ditutupi duri berdaging.
3. Penguin tidak takut dingin
Penguin ditutupi bulu, yang sangat tebal dibandingkan dengan kebanyakan burung. Baik di darat atau di air, bulunya menahan dingin, juga tahan air, dan menyerap panas secara efisien saat berada di bawah sinar matahari. Selain itu, lapisan lemak di bawah kulit penguin sangat tebal, yang secara efektif dapat menjaga suhu tubuh tetap konstan.