Fokus Pada Kesehatan Mulut
Dewasa ini, banyak orang yang menyadari pentingnya kesehatan dan rela melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatannya. Tentu saja, tidak perlu berbicara lebih banyak tentang kesehatan mulut. Tidak seorang pun ingin menderita sakit gigi, dan tidak seorang pun ingin menderita penyakit mulut.
Kebersihan mulut perlu dilakukan di tempat, sehingga dapat mencegah munculnya penyakit mulut. Banyak orang biasanya tidak memperhatikan pemeliharaan rongga mulut. Mereka selalu tidak berkumur setelah makan, dan tidak memiliki kebiasaan yang baik untuk sering menggosok gigi. Pertumbuhan bakteri mulut tidak baik untuk kesehatan. Untuk menjaga kesehatan mulut, kita perlu memperhatikan detail kehidupan berikut ini.
1. Sikat gigi secara benar
Menyikat gigi adalah kebiasaan umum dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Jika Anda menyikat gigi dengan tidak benar, maka akan merusak kesehatan gigi Anda. Pertama-tama, Anda harus memilih sikat gigi berbulu lembut saat memilih sikat gigi. Sikat gigi yang terlalu keras akan merusak gusi Anda. Kedua, sikat gigi Anda dengan kekuatan sedang. Menyikat terlalu keras akan merusak email. Ketiga, gosok gigi dengan waktu yang cukup, minimal dua sampai tiga menit.
2. Pembersihan gigi secara teratur
Untuk kesehatan mulut, Anda perlu mengembangkan kebiasaan membersihkan gigi secara teratur. Sangat penting untuk mencegah penyakit mulut seperti periodontitis dengan membersihkan plak dan kalkulus pada gigi. Selain itu, membersihkan gigi juga dapat menghilangkan karang gigi, membuat gigi lebih putih dan nafas lebih segar.
3. Diet ringan
Banyak makanan dalam kehidupan sehari-hari yang sangat mengiritasi gigi, dan yang paling umum adalah buah pinang. Makanan buah pinang merupakan faktor risiko kanker mulut, dan makan buah pinang dalam waktu lama dapat meningkatkan peluang seseorang terkena kanker mulut. Selain itu, beberapa makanan yang terlalu asam atau terlalu dingin juga dapat mempengaruhi gigi dan membuatnya lebih sensitif.
4. Pemeriksaan gigi secara teratur
Gejala banyak penyakit mulut tidak terlalu jelas. Jika Anda tidak tahu banyak tentang penyakit ini, lebih mudah untuk mengabaikan masa lalu. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mulut, kita harus pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan mulut secara teratur untuk mendeteksi masalah pada waktunya dan menghindari perburukan penyakit mulut lebih lanjut.
Untuk mencegah masalah kesehatan mulut, perlu digunakan alat khusus untuk membersihkan rongga mulut. Lantas, alat apa saja yang bisa efektif membersihkan rongga mulut? Mari kita cari tahu bersama selanjutnya.
1. Sikat gigi
Dalam proses menyikat gigi dengan sikat gigi dapat menghilangkan kotoran dan sisa makanan pada gigi. Selain itu, dalam proses menyikat gigi, area alveolus dapat dibersihkan untuk menghilangkan bakteri lokal. Oleh karena itu, jika ingin menjaga kebersihan dan higienitas rongga mulut, sebaiknya gunakan sikat gigi untuk membersihkan rongga mulut, yang dapat mencegah terjadinya penyakit mulut dan menurunkan kualitas hidup.
2. Benang gigi
Benang gigi adalah benang yang digunakan untuk menghilangkan sisa makanan, dan juga sangat umum dalam kehidupan. Lebih mudah digunakan daripada tusuk gigi. Ketika Anda pergi makan di hari kerja, Anda dapat memasukkan benang gigi ke dalam tas jinjing Anda, dan membersihkan gigi setelah makan baik untuk kesehatan mulut.
3. Pasta gigi
Ada banyak jenis gigi yang tersedia di pasaran saat ini, umumnya antara lain sebagai berikut: pasta gigi berfluoride, pasta gigi anti-sensitivitas, dan pasta gigi pemutih. Mereka memiliki bahan yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda, tergantung pada kondisi gigi Anda. Setiap orang dapat membeli sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka sendiri.
4. Obat kumur
Meskipun ada banyak jenis obat kumur di pasaran, mereka secara kasar dapat dibagi menjadi dua kategori: obat kumur perawatan kesehatan dan obat kumur terapeutik. Diantaranya, obat kumur perawatan kesehatan yang tersedia di supermarket dan memiliki fungsi menyegarkan nafas dan menghilangkan sisa makanan. Obat kumur terapeutik, yang dapat mengobati penyakit periodontal dan penyakit mukosa mulut, hanya tersedia di rumah sakit atau apotek.