Anyelir
Bunga Anyelir atau bunga teluki disebut juga dengan carnation memiliki nama ilmiah Dianthus caryophyllus, termasuk dalam species tanaman bunga yang bernama plantarum.
Bunga anyelir sering dikaitkan dengan lambang cinta dan kasih sayang dan rasa penghormatan. Anyelir atau dikenal juga dengan bunga teluki. dalam bahasa inggris dikenal dengan Carnation. Anyelir memiliki nama latin Dianthus caryophyllus merupakan tanaman hias pekarang dan tanaman hias dalam pot yang berasal dari daratan mediterania. Bunga ini memerlukan kelembaban, drainase yang baik dan sinar matahari yang cukup untuk bisa tumbuh dengan baik.Bunga anyelir pohonnya bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 80 cm hingga 2 meter, tapi untuk bisa tumbuh tegak anyelir harus diikat dengan penyokong.Garis pusat batang tanaman anyelir bisa mencapai 1 cm dan membengkak di bagian buku atau ruasnya.
Bunga ini termasuk jenis bunga hermafrodit, yang berarti memiliki dua organ kelamin, yaitu jantan dan betina.
Keuntungan dari memiliki dua jenis kelamin adalah bunga ini bisa melakukan penyerbukannya sendiri.
Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu pertama adalah anyelir dengan satu bunga pada satu tangkai dan yang kedua adalah anyelir dengan banyak bunga pada satu tangkai.
Bunga anyelir memiliki ciri-ciri pada bagian daun cenderung runcing dengan tulang daun yang menyirip, sempit dan panjang. Sedangkan pada bagian daun berwarna hijau keputih-putihan. Dengan diameter bunga 5cm – 10 cm.Anyelir memiliki kemiripan dengan bunga mawar, memiliki warna yang beragam. Bunga ini terdiri dari lima petal dan mempunyai single atau dobel blooms, petalnya mempunyai sampingan yang berzig-zag. Bunga anyelir termasuk bunga perennial atau tanaman yang dapat hidup lebih dari 2 tahun.
Anyelir warna yang berbeda memiliki bahasa bunga yang berbeda.
Anyelir putih: manis dan indah, polos, cinta murni, hadiah keberuntungan untuk wanita, murni, persahabatan murni, cintaku yang hidup, cintaku selamanya, iman, cinta berselera tinggi, kasih sayang sejati, rasa hormat.
Anyelir merah muda: Saya tidak akan pernah melupakan Anda, kecantikan, masa muda, cinta, saya berharap ibu saya akan selalu muda dan cantik; bergerak, cantik, cinta ibu, cinta wanita, aku mencintaimu dengan penuh semangat.
Anyelir Merah: Hatiku sakit untukmu, kekaguman, kekaguman, kegilaan, kasih sayang, cinta yang penuh gairah, gairah, sakit hati, rindu, percaya pada cintamu, semoga ibu panjang umur dan sehat, semoga sehat selalu.
Anyelir Kuning : Kamu telah mengecewakanku, ditinggalkan, dihina, persahabatan abadi, terima kasih kepada ibuku, penolakan, hinaan, hinaan, terima kasih abadi, persahabatan.
Anyelir Beige: Sedih.
Anyelir Crimson: Cinta yang Bergairah.
Anyelir Merah Muda: Mencintaimu.
Anyelir Beraneka Ragam: Tolak Cintamu.
Anyelir ungu: berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi.
Anyelir Bergaris: Penolakan, aku tidak bisa bersamamu.
Jadi, secara arti dan maknanya, bunga anyelir adalah bunga yang melambangkan rasa cinta, penghormatan, perasaan mendalam dan juga daya tarik. Tak hanya itu, bunga ini juga penuh nilai simbolik dan legenda. Itulah sebabnya mengapa bunga ini juga dianggap bunga budidaya tertua di dunia.
Apakah Anda suka anyelir, beli satu dan berikan kepada ibumu! Terima kasih sudah membaca.