Teratai
Di Indonesia, sebutan teratai juga sering digunakan untuk bunga lotus dari genus Nelumbo atau yang lebih dikenal dengan nama bunga seroja.
Hal ini disebabkan karena sebagian besar masyarakat masih menyamakan atau bingung dengan ciri antara jenis bunga seroja (Nelumbo) dan teratai (Nymphaea).
Tahukah kamu bahwa bunga teratai berasal dari Mesir?Walaupun sering kita lihat ada di negara tropis, ternyata ia berasal dari negeri piramida, lo.Hal ini dibuktikan pada penemuan artefak di makam Ramses II.Benda tersebut memiliki ornamen teratai dan dipergunakan sebagai perangkat upacara tradisional masyarakat Mesir Kuno.
Setelah itu, teratai mulai tersebar dan dibawa ke Assyria (Kerajaan Asyur) di daerah Mesopotamia, Irak.
Manfaat bunga teratai untuk kesehatan
1. Masalah haid
Teratai telah lama dipercaya dapat membantu dalam melancarkan haid serta menghentikan darah menstruasi yang berlebih. Sayangnya, belum ada penelitian medis yang mendukung klaim tersebut hingga saat ini.
2. Diare
Teratai sering dijadikan ramuan untuk mengatasi diare dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Membuat obat diare dari teratai cukup mudah.
Anda cukup merendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam, lalu tambahkan gula batu agar rasanya tidak terlalu pahit.
3. Menetralkan Tekanan Darah
Jika kita memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka tidak ada salahnya mencoba menormalkannya dengan memanfaatkan tumbuhan teratai. Bagian tanaman yang dimanfaatkan untuk mengobati hipertensi adalah tunasnya. Tunas teratai mengandung lemak baik yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
4. Menghentikan Mimisan
Tanaman teratai juga memiliki kandungan zat besi yang sangat berguna untuk mengatasi mimisan. Kandungan zat besi sangat baik untuk membentuk sel darah merah baru.
Cara mengonsumsinya sangat mudah. Siapkan terlebih dahulu akar teratai, lalu olah menjadi jus, kemudian saring. Air perasan tersebut bisa digunakan sebagai obat tetes. Cara mengaplikasikannya adalah dengan meneteskan cairan ke dalam hidung sedikit demi sedikit.
5. Peradangan
Manfaat bunga teratai untuk peradangan bisa diperoleh dari bagian bijinya. Biji bunga ini dapat meringankan inflamasi akibat paparan bahan-bahan kimia maupun atau cedera fisik karena mengandung senyawa polisakarida.
Senyawa polisakarida adalah kandungan yang bersifat antiradang serta merupakan antioksidan. Manfaatnya, bunga teratai dapat mencegah berbagai penyakit kronis akibat peradangan, seperti diabetes, jantung, hingga kanker.
6. Penurun demam
Teratai mengandung antipiretik yang berguna sebagai zat penurun demam. Diketahui bahwa ekstrak dari bunga ini dapat bekerja menurunkan demam setelah 3-6 jam setelah pemberian, tergantung dari dosis yang digunakan. Bahkan, ekstrak teratai dianggap sama efektifnya dengan penggunaan parasetamol.
Pada saat yang sama, teratai juga memiliki makna filosofis!
Baik di dalam pot maupun di kolam, bunga teratai adalah pilihan tepat untuk mempercantik taman.
Namun dibalik keindahan bunga teratai, ternyata tumbuhan air tersebut memberi banyak manfaat pada makhluk lain.
Bunga teratai pun dapat melindungi ikan dari teriknya matahari, menjadikan daunnya sebagai hinggap serangga dan membantu katak untuk melompat.
Seperti teratai, di dalam kehidupan bahwa manusia tidak perlu mengharapkan bentuk imbalan saat membantu orang lain.
Apakah Anda menyukai artikel kami, terima kasih telah membaca, silakan bookmark!