Nanas
Nanas adalah tanaman yang berasal dari Amerika tropis, yaitu Brazil, Argentina dan Peru. tanaman tersebut telah tersebar luas ke seluruh dunia, terutama di daerah sekitar khatulistiwa antara 30o LU dan 30o LS.
Indonesia sebagai pusat penghasil nanas yang cukup potensial adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Riau. Tanaman nanas dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Satu pohon nanas menghasilkan satu buah nanas. Buah nanas tidak hanya dimakan sebagai buah segar tetapi juga diperlukan sebagai bahan baku industri makanan seperti jelly, selai dan sirup .
Nanas adalah salah satu buah tropis yang banyak disukai karena razanya yang lezat dan dapat disajikan ke dala, berbagai bentuk makanan dan minuman. Buah nanas identik dengan warna kuning, kulit luarnya yang berduri, dan daun di bagian atasnya yang juga berduri. Bagian dalam dari buah ini didominasi oleh warna kuning serta serat yang menyebar ke suluruh bagian dalam buah. Warna tersebut menjadi trend warna buah ini untuk lebih mudah dikenali.
Hampir semua buah yang ada di alam memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk buah nanas. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa buah ini tidak baik untuk ibu hamil, namun masih banyak khasiat nanas lainnya yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah kuning ini.
Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan
Karena mengandung beragam nutrisi penting, konsumsi buah nanas dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:
1. Meningkatkan imunitas tubuh
Konsumsi 1 cangkir buah nanas segar atau sekitar 150 gram nanas sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C merupakan vitamin yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.
2. Mengurangi risiko kanker
Enzim bromelain yang terdapat di dalam nanas ternyata tidak hanya memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh saja, tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko kanker.
3. Menjaga Gusi dan Gigi Tetap Sehat
Buah nanas sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi dan juga gigi berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi.
Nanas ternyata juga mampu membuat Gigi menjadi jauh lebih putih dibandingkan sebelum memakan buah nanas. Bukan hanya itu nanas juga dapat menghilangkan plak, hal ini disebabkan didalam buah nanas terkandung enzim bromelain.
4. Mengatasi perut yang kembung
Mual dan kembung pasti sering Anda alami ketika merasa tidak enak badan ataupun lelah. Makanlah buah nanas tiap kali Anda merasa kembung di area perut. Khasiat nanas yang cukup penting yaitu menetralkan asam lambung Anda sehingga Anda tidak akan merasakan kembung lagi.
5. Obat peradangan kulit
Kulit yang meradang seperti terkelupas bisa diatasi dengan mengoleskan buah nanas yang sudah diparut. Hal ini karena khasiat nanas yang mengandung vitamin sangat baik untuk kulit dan membantu penyembuhan kulit.
6. Mencegah Penyakit Jantung
Setelah ditelusuri, ternyata buah nanas memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung. Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang berperan penting dalam mencegah oksidasi kolestrol.
Begitu banyak manfaat nanas, saya ingin memakannya ketika saya melihatnya, apakah Anda suka makan nanas?
Semoga artikel ini membantu Anda memahami nanas dengan lebih baik!