Keharusan Mendaki Gunung
Sepatu Hiking adalah sepatu yang dirancang dan diproduksi khusus untuk pendakian gunung dan perjalanan, ideal untuk olahraga luar ruangan. Tahan air adalah fungsi utama Sepatu hiking dan kinerjanya yang tahan air tidak tertandingi oleh sepatu olahraga biasa.
Jenis sepatu hiking.
1. Sepatu hiking pinggiran kota yang ringan.
Sebagian besar sepatu ini terbuat dari kain nilon dan kulit, berfokus pada sirkulasi udara, di desain yang ringan, dan sebagian besar solnya lembut, membuat Anda lebih nyaman memakainya tanpa perlu waktu lama untuk membiasakan diri.
Tapi itu tidak terlalu tahan air, beberapa sepatu menggunakan bahan tahan air dan desain khusus untuk meningkatkan anti bocor, secara umum, jenis sepatu ini tidak cocok untuk pendakian gunung jarak jauh dan ekspedisi.
2. Sepatu hiking umum.
Sepatu ini terbuat dari kulit, nilon atau campuran bahan, dan beberapa juga memiliki fitur kain tahan air dan sirkulasi udara.
Desainnya meningkatkan kekokohan dan daya tahannya, dan solnya juga memiliki desain pegangan yang lebih baik, beberapa dengan penguatan di bagian tumit untuk melindungi pergelangan kaki para pengguna.
3. Sepatu bot hiking berat.
Bahan sepatu gunung ini kira-kira sama dengan sepatu gunung pada umumnya, tetapi perlindungan kaki dan desain solnya diperkuat untuk mengatasi aktivitas pendakian gunung yang lebih kompleks dan sulit.
Biasanya solnya lebih tebal dan kaku, dan beberapa bahkan memiliki pelat baja ditambahkan untuk menambah beratnya.
4. Sepatu bot ganda.
Sepatu ini dirancang untuk pendakian kutub dan, seperti namanya, terdiri dari dua lapisan, sepatu bagian dalam dan luar. Sepatu ini tidak hanya kokoh, berat, dan mahal, tetapi juga merupakan alat yang hebat untuk mendaki kutub.
Pertimbangan saat membeli sepatu hiking.
1. Tentukan tujuan terlebih dahulu.
Saat membeli sepatu hiking, tentukan dulu tujuannya, lalu Anda bisa memilih sepatu yang bagus dan benar-benar cocok untuk Anda.
2. Anggaran.
Ini adalah pertimbangan yang sangat praktis, tetapi harus bijaksana untuk berinvestasi lebih banyak dalam peralatan sepatu hiking.
3. Fit adalah yang paling penting.
Setelah memakai sepatu Anda, ambil beberapa langkah lagi untuk merasakan kenyamanan kaki Anda.
Sepatu tidak boleh terlalu ketat, agar tidak mengikat kaki dan membuat sirkulasi darah kaki buruk, sehingga darah di kaki tidak mencukupi, dan dingin saat bepergian.
Perawatan sepatu hiking.
1. Perawatan sebelum memakai:
Oleskan anti air pada jahitan dan lubang jarum untuk meningkatkan ketahanan air pada bagian atas dan jahitan. Sepatu hiking yang baru dibeli harus digunakan kembali untuk jangka waktu tertentu, sebaiknya satu hingga dua hari sebelum acara.
2. Percobaan:
Cobalah untuk tidak memakai sepatu untuk waktu yang lama, memakai di lingkungan yang basah dalam waktu lama akan mempersingkat masa pakai sepatu.
3. Pembersihan:
Umumnya, dapat dibersihkan dengan air, tetapi perhatian khusus harus diberikan setelah dibersihkan. Jangan meletakkannya di bawah sinar matahari, lem mudah dibuka, dan harus ditempatkan di tempat yang sejuk dan berventilasi dan biarkan kering secara alami.
4. Penyimpanan:
Sepatu tidak bisa basah. Setelah basah, itu akan menyebabkan kerusakan pada bagian internal dan eksternal.
Bagaimana Anda bisa pergi hiking tanpa sepasang sepatu hiking yang cocok?