Beragam Terumbu
Di bawah sinar matahari, banyak makhluk di laut terus berkembang biak, termasuk pertumbuhan terumbu karang. Banyak terumbu karang di lautan saat ini sebagian besar terdiri dari karang, batu kapur dan rumput laut yang lebih tebal. Karang relatif keras dan dapat menahan dampak gelombang dan juga dapat menahan serangan topan.
Karang mengacu pada sisa-sisa erosi laut, yang merupakan batu yang sangat dekat dengan air di lautan. Terumbu tumbuh di pantai dan di sekitar tepi pulau, beberapa tersembunyi di air, dan beberapa berdiri di atas air. Ukuran dan bentuknya dipengaruhi oleh fitur topografi bawah air dan kedalaman air. Teman-teman yang mengamati dengan seksama akan menemukan bahwa bentuk karang, struktur dan area distribusi yang kita temui berbeda dari waktu ke waktu dan tempat. Bahkan, ada kemungkinan bahwa Anda mungkin tidak melihat jenis karang yang sama.
1. Dark Reef
Terumbu gelap pada dasarnya tumbuh di beberapa daerah di sepanjang pantai dan juga dapat dilihat di sekitar pulau. Distribusi jenis terumbu ini terkait erat dengan fitur topografi terdekat dan kedalaman permukaan air. Di banyak pantai ada banyak terumbu karang. Terutama ketika air surut terjadi, banyak terumbu yang terpapar. Namun, bahan utama terumbu gelap ini adalah pasir karang atau cangkang, yang sebagian besar merupakan sisa-sisa makhluk hidup.
2. Barrier Reef
Terumbu penghalang jarang terjadi di pantai, umumnya di perairan dangkal yang lebih jauh dari pantai. Pembentukan banyak karang penghalang akan menjadi pulau karang saat air naik, seperti Pulau Jawa dan pulau Jamaika. Perlindungan paling komprehensif di dunia adalah Great Barrier Reef Australia. Pemandangan di sini menyenangkan, itu adalah hutan hujan tropis di lautan, dan berbagai makhluk hidup di sini, menunjukkan lingkaran ekologis yang alami.
Ini membentang dari pantai timur laut Australia ke selatan, sekitar 2010 kilometer, dan Jarak dari daratan Australia adalah sekitar 240 kilometer. Pemandangan bawah laut Great Barrier Reef sangat indah dan telah dinilai sebagai salah satu dari tujuh keajaiban perairan dunia oleh organisasi internasional. Australia telah mendaftarkannya sebagai Taman Laut Nasional dan cagar alam laut, dan menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia setiap tahun.
3. Atol
Hal ini mirip dengan barrier reef dalam bentuk, tetapi tidak tumbuh di laut dekat dengan tanah, tetapi membentuk sistem terumbu karang di laut. Atol yang berkembang sepenuhnya terdiri dari cincin karang di sekitarnya, Laguna selam di tengah dan beberapa pulau karang di Laguna, mulai dari beberapa kilometer hingga puluhan kilometer.
Terumbu karang adalah penghalang pantai alami dengan potensi untuk menghilangkan energi gelombang, mengurangi erosi pantai, dan melindungi garis pantai subtropis. Selain itu, terumbu karang adalah bagian penting dari siklus material (karbon, siklus nitrogen) dan aliran energi, berkontribusi pada pengaturan diri di lingkungan laut.