Wisata Taman Nasional
Konsep "taman nasional" berasal dari Amerika Serikat. Secara luas diyakini bahwa Taman Nasional Yellowstone yang didirikan pada tahun 1872 "untuk kebaikan dan kesenangan rakyat" adalah Taman Nasional asli. Sejak itu, konsep "taman nasional" telah digunakan oleh banyak negara di seluruh dunia. Meskipun arti sebenarnya dari masing-masing berbeda, arti dasarnya adalah merujuk pada bentuk cagar alam.
Bagi orang-orang, Taman Nasional adalah tempat langka di mana orang bisa begitu dekat dengan aspek alam yang paling liar, paling eksotis dan ekosistem yang paling beragam. Dari gurun yang tak berujung hingga hutan yang lebat dan gletser yang sangat besar, keajaiban alam itu ada di mana-mana. Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa taman nasional terindah yang harus Anda kunjungi dalam hidup Anda.
1. Taman Nasional Lake District, Inggris
Waktu terbaik untuk berkunjung: Maret-Juni
Ada banyak danau di Pegunungan Inggris Utara, maka dinamakan Lake District. Di antaranya, bakung emas di Tepi Danau Ullswater terkenal selamanya karena puisi "I Wandered Lonely as a Cloud" oleh penyair romantis Inggris William Wordsworth. Wordsworth menyebutkan dalam bukunya Guide to the Lake District yang diterbitkan pada tahun 1810 bahwa dia telah berhubungan dekat dengan alam ini selama 60 tahun. Seperti banyak "penyair tepi danau" lainnya, Wordsworth terpesona oleh hamparan danau yang luas. Lake District mencakup titik terdalam dan tertinggi di Inggris. Pegunungan yang menjulang memisahkan danau. Puncak tertinggi, Scofield Peak, tingginya 3.978 meter. Bahkan jika tidak dihitung di puncak Scofield, pegunungan ini cukup untuk disebut "atap Negara". Area basah ini memiliki tampilan unik di Inggris. Gletser yang besar terletak di lembah berbentuk U dan 53 gletser kecil mengalir di cekungan gletser atau lembah pegunungan di ketinggian yang lebih tinggi, membentuk kawah atau perairan biasa. Gletser ini menciptakan 16 danau di Lake District.
2. Taman Nasional Grand Canyon, Amerika Serikat
Waktu terbaik untuk berkunjung: pertengahan Mei hingga pertengahan Oktober
Ngarai adalah celah yang menakjubkan dan benar-benar besar di kerak bumi. Berputar - putar untuk 446 kilometer, lebarnya 200 hingga 29 kilometer, dan kedalamannya 1600 meter. Pada tahun 1869, ahli geologi, penjelajah, dan profesor Universitas John Wesley Powell mengatakan bahwa 40 atau lebih lapisan batuan sedimen di Grand Canyon seperti halaman dalam buku sejarah. Ada sedikit batuan Mesozoikum di taman, yang pada dasarnya terkikis, tetapi masih ada beberapa residu, terutama di bagian barat ngarai. Etsa yang cepat dan ekspansi yang lambat menentukan penampilan dan karakter khusus Grand Canyon. Terlepas dari namanya, Grand Canyon bukanlah yang terpanjang atau terdalam di dunia. Hulls Canyon di Amerika Serikat memiliki kedalaman 2.436 meter, dan Cotahuasi dan Colca di Peru keduanya memiliki kedalaman 3.200 meter.
3. Taman Nasional Etosha, Namibia
Waktu terbaik untuk berkunjung: Mei-Oktober
"Etosha" berarti "tanah putih besar". Ini sangat luas dan mempesona sehingga dapat terlihat dengan mata telanjang bahkan dari luar angkasa. Kawasan ini dilindungi oleh Konvensi Ramsar. Istilah Etosha bukanlah peringatan ke danau, tetapi "pengakuan" dari apa yang sekarang menjadi lahan basah yang berubah dengan cepat. Lahan basah ini memiliki lapisan air tipis dengan lapisan ganggang biru-hijau mengambang di atasnya. Dari Januari hingga April, cyanobacteria menutupi cekungan tanah yang retak menjadi segi enam, mengering untuk meninggalkan lapisan kerak garam. Fenomena ini tersebar di sekitar 5.000 kilometer persegi dan tidak dapat dikurangi dengan curah hujan. Karena hujan sangat jarang, Kolam hanya bisa terbentuk sesekali. Tetapi ada 3 sungai di sini, yang, alirannya tidak terlalu stabil, telah menyelesaikan sebagian dari masalah kekeringan sampai batas tertentu.
4. Taman Nasional Banff, Kanada
Waktu terbaik untuk mengunjungi: sepanjang tahun
Suhu di mana sumber air panas berada dapat mencapai 44 molibdat C, mengandung sejumlah kecil oksigen dan konsentrasi tinggi hidrogen sulfida dan mineral, dan juga sedikit radioaktif. Tapi tidak ada yang bisa menghentikan siput Banff Springs. Ini adalah spesies yang diisolasi dari spesies siput sekitar 10.000 tahun yang lalu. Ada dua lembah di lereng timur laut Gunung Sulphur di taman - lembah berkabut dan lembah busur. Ada total 10 mata air mineral belerang di lembah, dan siput Banff Springs hanya hidup di 7 di antaranya. Pada musim gugur tahun 1883, tiga pekerja kereta api Pasifik Kanada secara sporadis menemukan gua dan lembah Mata Air Panas, yang sekarang menjadi monumen bersejarah resmi. Penemuan ini melahirkan Taman Nasional Pertama Kanada. Ada 25 puncak lebih dari 3 kilometer.